Pendidikan

17 Momen Tak Terlupakan Masa Putih Abu-abu

Sebuah tempat untuk bertemu. Menghabiskan waktu hingga tak pernah jemu. Tempat dimana kita bertemu guru. Menuntut ilmu sepanjang waktu.

Di sini kita bercengrama. Bertemu kawan memadu rasa. Di sini persahabatan tercipta. Akan dikenang sepanjang masa. Begitu banyak kenangan yang tak tersisa.

Kamu masih ingat tempat itu? Sebuah kenangan yang tak terlupakan dan menjadi bahan cerita kelak, jika kamu bertemu kawan semasa sekolah dulu. Pasti cerita ini tak akan ada habisnya.

Begitu banyak momen yang bakalan kamu rindukan setelah kamu tidak lagi mengenakan seragam sekolah.
Bahkan kamu pasti ingin mengulang masa-masa indah itu bukan? Ada beberapa hal dari yang paling terkonyol sampai terindah yang selalu membekas di ingatanmu.

Masa sekolah memiliki kenangan tersendiri. Mulai dari TK, SD, SMP, bahkan SMA. Dari sekian banyak kenangan di sekolah, masa putih abu-abulah yang paling di nanti karena memiliki kisah manis yang akan dikenang kelak.

Lalu, apa saja kenangan manis masa SMA itu? Tentunya momen ini nggak bakalan kamu temukan di saat bangku kuliah. Berikut adalah kenangan tak terlupakan masa putih abu-abu yang nantinya bakal kamu kangenin.

Terlambat masuk sekolah

Siapa diantara kamu yang pernah mengalami hal ini? Jika mengingat ini pastinya kamu akan senyum-senyum sendiri. Saat kamu terlambat, pasti berbagai alasan yang akan kamu ucapkan pada guru piket.

Mulai dari telat bangun, nggak ada kendaraan, macet, dan masih banyak lagi. Sebelum masuk ke kelas, kamu akan berhadapan dulu dengan guru piket atas keterlambatanmu masuk sekolah.

Telat upacara

Memilih untuk menunggu gerbang dibuka atau putar balik cari tempat tongkrongan. Adakalanya di saat buru-buru berangkat sekolah masih juga kesiangan sampai di sekolah. Alhasil pintu gerbang ditutup dan menunggu upacara selesai.

Kenangan seperti ini bisa dilihat dari tipe siswa. Mereka yang niat sekolah, biasanya menunggu sampai gerbang dibuka dan diizinkan masuk meskipun mendapatkan hukuman, dan mereka yang memilih putar balik untuk mencari tempat tongkrongan.

Menjadi petugas upacara

Siapa di antara kamu yang ikut andil menjadi petugas upacara bendera? Nah, pasti momen ini akan dikenang selalu. Saat kamu tampil di depan banyak orang, disaksikan oleh ribuan pasang mata.

Sebelum upacara dimulai, ada saatnya untuk melakukan gladi bersih. Kamu sudah mempersiapkannya terlebih dahulu agar nanti pada saat upacara tiba berjalan dengan khidmat.

Guruku idolaku

Orangtua di sekolah adalah gurumu. Orang yang harus kamu hormati dan sayangi. Setiap kamu pasti akan ada tipe-tipe guru yang masuk pada daftar idolamu.

Guru yang kamu sukai karena mata pelajarannya, guru humoris, guru disiplin, guru yang suka memberi nasihat dan suka memarahimu. Semua itu akan dikenang di dalam memorimu.

Jadwal piket kelas

Masih ingat nggak, hari apa kamu mendapatkan jadwal piket kelas? Biasanya, untuk mengantisipasi agar kelas bersih di pagi hari, petugas piket akan melaksanakan tugasnya saat pulang sekolah.

Masalah piket memang kadang menyebalkan. Apalagi sekelompok dengan teman yang malas diajak bekerja sama. Segala kelengkapan belajar mesti disiapkan saat pembelajaran berlangsung. Terkadang masih saja ada kelompok petugas piket yang terlambat datang ke sekolah dan pembelajaran menjadi tertunda.

Meskipun demikian, Kenangan jadwal piket juga menjadi momen yang akan kamu rindukan. Entah rindu berantem sama temen satu kelompok, atau rindu pulang paling akhir.

Mengerjakan PR di kelas

Siapa yang sering melakukan hal ini? Saat kamu ditugaskan guru mengerjakan PR di di rumah, kamu justru mengerjakannya di kelas. Entah itu karena pelajarannya susah dan tidak ngerti cara mengerjakannya.

Dan pada akhirnya mengerjakan PR di kelas sebelum jam pembelajaran dimulai, bahkan ada juga yang masih mengerjakannya saat jam pembelajaran berlangsung. Alhasil PR mu di sita oleh guru.

Jam pelajaran kosong

Jika mendengar ada salah satu guru yang tidak masuk ke kelas karena sesuatu hal, pasti semua siswa merasakan hal yang sama yaitu senang. Senang karena tidak belajar. Eit, tapi tunggu dulu, petugas piket akan datang ke kelasmu untuk memberikan tugas.

Momen ini pasti akan dirasakan oleh kawanan yang suka ngerumpi di kelas dan kelas sepenuhnya akan dikuasai siswa. Masing-masing siswa mempunyai caranya tersendiri untuk menikmati jam pelajaran kosong.

Jajan di kantin

Inilah momem yang paling ditunggu saat bel istirahat dibunyikan. Masing-masing siswa mempunyai kantin langganannya. Bahkan mereka juga ambil andil menyajikan makanan buat teman-temannya.

Tak hanya itu, bagi teman yang suka mentraktir kawannya di sinilah tempatnya. Persahabatan antar kelas terjalin, bercanda ria bersama teman sambil makan makanan kesukaan.

Unjuk gigi di kegiatan ekskul

Ekstrakurikuler merupakan ajang menunjukkan kemampuan siswa di bidangnya. Siswa akan memanfaatkan momen ini untuk belajar mengembangkan minatnya. Setidaknya mengasah kemampuan di bidang nonakademik.

Nah, para siswa yang ikut ekskul ini pasti menjadi idola saat mereka tampil dalam perlombaan. Siapa di antara kamu yang ingat dengan momen ini?

Kisah kasih di sekolah

Berawal dari teman dekat, sahabat bahkan hingga jadian. Kamu pernah mengalaminya bukan? Masa putih abu-abu adalah masa terindah saat mengenal jati diri dan bahkan saling suka. Pasti kamu kangen ya?

Perpustakaan sekolah

Kamu gemar membaca? Salah satu tempat ternyaman untuk kamu yang gemar membaca adalah perpustakaan. Biasanya guru akan menggunakan fasilitas perpustakaan sekolah sebagai media pembelajaran.

Meminjam buku diperpustakaan salah satu manfaat perpustakaan. Adakalanya kamu meminjam buku, trus menghilangkan buku pinjamanmu. Dan kamu harus menggantinya dengan buku yang baru.

Salat berjamaah

Bagi kamu yang melaksanakan salat berjamaah di sekolah, tentu momen itu paling berkesan. Jika kamu laki-laki, kami bisa menjadi imam saat waktu salat zuhur. Atau kamu bisa ambil bagian saat azan tiba.

Di sinilah tugas guru piket mengecek siswa yang berhalangan bagi perempuan untuk melaksanakan kewajibannya. Ayo siapa yang kabur saat guru piket bertugas?

Pemilihan perangkat kelas

Kehebohan di kelas yang satu ini pasti tidak akan terlupakan. Dimana saat pemilihan perangkat kelas pada awal pembelajaran di mulai. Di saat inilah terjadi diskusi hangat antara penguni kelas dengan wali kelas. 

Seorang pemimpin akan nampak dari jiwanya yang mau berkorban demi teman-temannya. Ada yang inisiatif sendiri untuk mengambil andil pada perangkat kelas. Ada pula yang masih malu-malu dan ditunjuk terlebih dahulu. Bahkan, ada siswa yang kerjanya nunjuk temannya sementara temannya tidak mau mengemban tugas tersebut. Mmm… siapa yang punya kenangan seperti itu? 

Menyontek saat ujian

Ayo, siapa yang pernah melalukan hal ini? Banyak sekali kode-kode unik yang diciptakan untuk menjalin kerjasama dengan teman. Bisik-bisik, lempar-lempar lembar jawaban, hingga coret-coret meja. 

Pemeriksaan dadakan

Sekali sebulan di awal bulan, diadakan pemeriksaan kelengkapan siswa saat sekolah. Mulai dari kerapian dan kebersihan siswa. Saat diadakan pemeriksaan, ada saja berbagai macam barang-barang sitaan siswa. Ayo, barang apa saja barang yang tidak seharusnya dibawa ke sekolah, trus disita oleh gurumu?

Melanggar aturan

Ini hal yang paling sering dilanggar oleh siswa. Ya, melanggar peraturan sekolah. Masih ingatkah saat rambutmu digunting oleh guru di depan teman-temanmu? Salah memakai pakaian segaram ke sekolah. Atau memakai celana yang terlalu kecil di bagian bawahnya.

Acara perpisahan

Momen yang paling kita rindukan setelah merayakan kelulusan adalam momen perpisahan. Bahagia, tangis, dan tawa tergambar jelas di wajahnya. Bahagia di saat pertemuan dan tangis di kala perpisahan.  Lepas dari ini, kamu akan mencari jadi dirimu. Mengejar cita-cita mengubah impianmu.

Kamu akan meninggalkan teman ngerumpi, kawan tongkrongan, gedung sekolah, guru idolamu, tempat ternyamanmu yang telah menemani harimu selama 3 tahun. Semua itu akan tetap dikenang hingga akhir waktu.

Itulah beberapa momen sekolah yang kadang selalu dirindukan. Dalam setiap kenangan pasti ada orang yang mewarnai keindahan kenangan tersebut. Gimana, kamu masih rindu dengan kenangan itu?

Fide Baraguma

Ibu dua jagoan yang hobi menulis dan suka menulis banyak hal sekaligus founder baraguma.com.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button