4 Hal yang Harus Diperhatikan dan Dihindari Saat Chatting di Dunia Maya

4 Hal yang Harus Diperhatikan dan Dihindari Saat Chatting di Dunia Maya – Aktivitas dunia maya sudah menjadi kebutuhan sekunder yang wajib kamu penuhi dalam setiap hari. Tanpa ada aktivitas daring maka kamu akan berasa ada yang kurang.

Menurut penelitian, orang Indonesia menghabiskan waktu hingga 7 jam 59 menit per harinya dalam dunia maya. Aktivitas ini melampaui satu jam lebih tinggi dari rata-rata orang di dunia menghabiskan waktu di internet.

Apakah kamu termasuk orang yang juga menghabiskan waktu di dunia maya sebanyak data di atas? Jika iya, ada baiknya kamu mulai menguranginya dengan mengalihkan kegiatanmu ke arah yang lebih bersifat dunia nyata alias fisik. Sebut saja, seperti work out di rumah atau sekedar jogging di seputaran kompleks tempat tinggalmu.

Namun, bukan hal itu yang akan penulis bahas kali ini di guntal.com. Kegiatan berselancar di dunia maya orang Indonesia kebanyakan berada di situs pertemanan sosial, seperti facebook, whatsapp dan lain sebagainya.

Kegiatan chatting atau ngobrol secara online menjadi salah satu kegemaran orang Indonesia. Kegiatan ini mungkin juga sedang melanda kamu yang masih berjiwa muda dan membara. Anak muda Indonesia lebih banyak menghabiskan waktunya chatting di sosmed atau di aplikasi obrolan yang disediakan oleh game online.

Tapi tahukah kamu? Ada etika yang harus kamu jaga saat berada dalam obrolan yang bersifat dalam jaringan atau daring. Misalnya kalimat apa saja yang harus kamu gunakan saat ngobrol dalam jaringan dengan guru, orangtua, orang yang lebih tua atau bahkan dengan teman sejawatmu.

Semuanya ada aturan yang harus kamu ikuti. Bisa saja beberapa cara dan kata yang kamu kirim pada orang lain terdengar kasar oleh orang yang menerima pesanmu dan begitu juga sebaliknya.

Selain apa yang dijelaskan di atas, ada hal yang benar-benar harus kamu perhatikan saat chatting dengan orang lain di dunia maya. Apalagi dengan orang yang baru saja kamu kenal di internet.  

Apa saja yang seharusnya tidak kamu lakukan di saat chatting di dunia maya dengan orang tidak dikenal? Berikut kami ulas untuk kamu yang masih terlalu lugu dalam perdunia-mayaan.

1. Balas sewajarnya dan seadanya

Jika orang yang tidak kamu kenal mulai melakukan obrolan denganmu di dunia maya. Balas saja seadanya dan sesopan mungkin. Jangan pancing dengan basa-basi yang tidak perlu, layani saja dengan sewajarnya.

2. Jangan layani PAP

PAP atau post a picture adalah hal yang biasa ditanyakan oleh orang baru dikenal di dalam percakapan. Jika ada orang yang mulai menanyakan PAP ke kamu. Ada baiknya untuk segera menghentikan percakapan.

Suatu yang tidak wajar jika seseorang yang memulai obrolan tapi malah nanyakan photo kepadamu. Kenapa gak wajar? Karena biasanya seluruh akun akan tersedia photo, kecuali kamu adalah orang  yang menganut paham tertentu.

Jadi suatu kejanggalan jika dia tiba-tiba menanyakan foto di dalam chatting. Atau bahkan dia memulai chat tanpa mengirim pertemanan pada akun sosmedmu.

3. Perhatikan arah obrolan

Saat kamu berminat untuk melayani obrolan yang dimulai dari orang tidak dikenal. Ada baiknya kamu memperhatikan arah obrolan yang dia mulai.

Namun, jika dirasa obrolannya mulai tidak beraturan dan mengarah ke hal yang gak baik. Jangan sungkan untuk berhenti membalas seluruh pesan dari dia.

4. Perhatikan akunnya dengan seksama

Ada hal penting yang seharusnya kamu lakukan di awal memulai percakapan dengan orang baru. Perhatikan keaslian akunnya, dan cek apakah akun tersebut hanya akun fake atau akun yang baru saja dibuat.

Bila akunnya adalah akun fake, atau akun baru dibuat. Bisa dipastikan orang tersebut memiliki tujuan tertentu sehingga memulai obrolan denganmu. Biasanya akun baru dan fake ini memiliki tujuan yang tidak baik.

Kesimpulan

Itulah 4 hal yang harus kamu perhatikan dan hindari saat memulai obrolan dengan orang baru di dunia maya. Berhati-hati jauh lebih baik daripada menyesal nantinya. Bersikap waspada bukan berarti kamu sombong dan tidak elok di dunia maya. Jika tidak terlalu penting, ada baiknya lebih fokus ke pendidikan dari pada di sosmed dan chatting ya. Mungkin dengan mencari artikel pendidikan jadi solusimu mengalihkan waktu yang habis di sosmed dengan kegiatan yang lebih berguna.

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.

Posting Komentar

Sebelum berkomentar pastikan Anda telah membaca artikelnya ya. Terima kasih telah berkunjung.