4 Manfaat Boarding School Yang Perlu Diketahui

Boarding school

Boarding School belakangan ini cukup menjamur. Banyak sekolah negeri yang mengadopsi penerapan Boarding School di sistem pendidikan reguler. Lalu apa itu Boarding School?

Pengertian Boarding School

Secara sederhana Boarding School adalah sekolah dengan sistem asrama. Dimana para murid menginap di asrama yang dimiliki oleh sekolah. Mirip pesantren donk?

Iya benar! Secara bahasa Boarding School boleh dikatakan adalah sekolah yang menerapkan pendekatan pendidikan sekolah berasrama. Murid tinggal dan melaksanakan pendidikan penuh di lingkungan sekolah.

Sistem Boarding School menjadi populer dengan beberapa alasan dan manfaat yang dapat diperoleh karena mengaplikasikan sistem Boarding School secara tepat dan efektif.

Beberapa pertimbangan seperti faktor biaya dan kontrol menjadi alasan utama beberapa orangtua menyerahkan anak mereka ke sekolah yang menerapkan sistem Boarding School.

Manfaat Sekolah Boarding School

Ada banyak manfaat Boarding School yang bisa kamu petik. Berikut guntal.com ulas beberapa manfaat memilih Boarding School sebagai pilihan edukasimu. Apa saja?

Belajar Tanggung Jawab

Jika selama menempuh pendidikan di sekolah formal dengan sistem pendidikan reguler kamu masih lalai dengan beberapa tugas sekolah. Nah, di sekolah dengan sistem Boarding School ini kamu diajarkan untuk bertanggung jawab terutama kepada dirimu sendiri.

Di Boarding School kamu akan dilatih untuk lebih awas dengan barang-barang milikmu sendiri. Sebut saja buku misalnya atau barang-barang keperluan belajar lainnya. Termasuk kamu juga harus bertanggung jawab dengan barang-barang pribadi milikmu.

Belajar Toleransi Yang Sesungguhnya

Di Boarding School kamu akan bertemu banyak ragam tipe manusia. Baik dari latar belakang daerah asal, bahasa, suku, budaya dan agama.

Di sinilah kamu akan belajar toleransi sesungguhnya dalam kehidupan nyata. Kamu akan paham bagaimana memberi waktu dan ruang untuk teman-teman yang berbeda keyakinan denganmu.

Di sini juga, kamu akan mengetahui banyak hal yang harus diperhatikan termasuk masalah toleransi. Bahkan hingga toleransi kepada teman-teman yang mungkin tidak terbiasa tidur dengan lampu dimatikan.

Boarding School menjadi tempat yang tepat buat kamu belajar toleransi bernegara dan berbangsa di usiamu sekarang. Di sistem Boarding School inilah kamu akan mengetahui, bahwa tidak semuanya bisa kamu paksakan sesuai kehendak sendiri.

Belajar Disiplin

Sekolah dengan basis Boarding School juga mengajarkan disiplin yang baik kepadamu. Sebut saja, kapan waktu yang tepat untukmu makan siang, beraktivitas dan beristirahat.

Percaya atau tidak, kedisiplinan yang tertanam sejak dini akan membentuk arah pasti langkahmu untuk meraih masa depan yang baik.

Tempat Berlatih Mandiri

Boarding School menjadi tempat yang tepat untuk mengasah dan berlatih kemandirian. Di Boarding School kamu akan lebih bisa mandiri dengan belajar mengatur semuanya sendiri.

Boarding School akan memancing dirimu agar bisa mengatur keuangan sendiri, belajar sendiri, menjaga kesehatan sendiri dan melakukan semua yang kamu butuhkan sendiri.

Penutup

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika memilih sekolah Boarding School sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Kembali lagi, pendidikan jenis apapun yang kamu pilih. Semua akan tetap tergantung akan kegigihan, ketekunan dan usahamu kelak. Yups, semoga sukses buat kamu.

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.