Pertama Haid? Ini 7 Hal Yang Wajib Kamu Diketahui

Pertama Haid

Haid atau juga dikenal dengan menstruasi adalah hal lumrah yang terjadi pada hampir seluruh anak perempuan yang menuju akil baligh. Banyak hal yang wajib diketahui saat pertama haid oleh anak perempuan.

Datang bulan pada orang dewasa mungkin menjadi sesuatu yang sudah biasa. Akan lain halnya jika haid datang kepada anak remaja. Beberapa dari anak remaja akan panik dan beberapa dari kamu tentu akan merasa sangat tidak nyaman bukan?

Apa Saja Yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Haid?

Nah apa saja hal yang harus kamu lakukan saat kamu tahu bahwa kamu mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Berikut guntal.com ulas beberapa hal yang wajib kamu ketahui saat pertama kali haid.

Cari Tahu Apa Itu Haid

Hal yang perlu kamu lakukan saat pertama kali datang bulan adalah mencari tahu apa itu haid/datang bulan/menstruasi.

Segera beritahu orangtua dan libatkan anggota keluarga dengan apa yang baru saja kamu alami. Jika kamu malu, maka bertanya pada ibu atau kakak perempuan adalah solusi yang tepat.

Ceritakan kondisi dan apa yang kamu rasakan saat ditanya oleh ibu atau kakak perempuanmu. Jawaban jujur dari kamu akan membantu mereka memberi penanganan yang tepat dan cepat.

Minta mereka menjelaskan apa itu haid. Mereka akan membantu kamu memahami bahwa haid adalah hal normal yang dialami oleh semua perempuan memasuki usia subur mereka.

Ketahui Siklus Haid

Kamu bisa menanyakan kepada orangtua seperti apa siklus haid atau menstruasi yang normal. Belajarlah mencatat siklus haidmu sendiri. Ini membantumu untuk menghadapi dan bersiap dengan haid yang akan datang pada bulan-bulan berikutnya.

Saatnya Sexual Education

Jika kamu telah mengalami haid pertama. Itu berarti sudah waktunya kamu menerima pendidikan seks untuk anak remaja. Tanyakan kepada orangtua tentang fungsi organ reproduksi dan hal-hal yang berkaitan dengan reproduksi.

Hal yang harus kamu pahami juga bahwa munculnya haid adalah proses di mana organ reproduksi wanita sudah siap untuk bisa hamil dan melahirkan. Disinilah pentingnya pendidikan seks yang benar untuk anak seusia kamu.

Belajar Memilih Pembalut

Sejak kali pertama haid, hal yang wajib kamu ketahui juga adalah bagaimana cara memilih pembalut dan pakaian yang tepat saat haid.

Kamu bisa konsultasikan kepada orangtua atau kakak perempuan pakaian dan pembalut yang cocok untuk kamu kenakan saat siklus menstruasimu. Jangan lupa untuk selalu stock pembalut jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Belajar Kontrol Emosi

Saat menstruasi datang, kamu akan mengalami serangan pada mental dan emosi. Kamu akan tiba-tiba berubah mood dan sangat sensitif. Di sinilah saatnya kamu belajar mengontrol emosi agar tak meledak-ledak dan memakan mangsa. 😂

Kenali Gejala Kemunculan Haid

Hal yang wajib kamu ketahi selanjutnya adalah mengenali gejala kemunculan haid. Ini berguna untuk berjaga-jaga seandainya haidmu datang lebih awal dari siklus yang telah kamu catat.

Kenali juga gejala lain seperti nyeri, perubahan mood dan gejala PMS lainya. Agar kamu lebih siap dan tidak stres saat menstruasi datang.

Saatnya Merawat Area Intim

Bukan berarti sedari kecil kamu tidak merawatnya. Akan tetapi merawat area intim akan lebih ekstra saat kamu kali pertama haid.

Pilihlah cara membersihkan area intimu dengan cara yang bijak. Pada dasarnya area intim bisa membersihkan diri mereka sendiri. Kamu hanya perlu menggunakan bahan alami untuk membersihkan organ intim.

Kamu juga bisa menanyakan kepada orangtua, guru BK atau langsung kepada ahlinya. Belajar merawat organ intim akan sangat berguna sekali untuk dirimu kelak.

Kesimpulan

Nah itulah 7 hal yang perlu diketahui saat pertama kali haid. Beberapa hal di atas akan sangat membantumu agar tidak panik dan stres saat pertama haid. Selalu komunikasikan dengan orang-orang terdekat mengenai siklus menstruasimu jika ada hal-hal yang dirasa aneh dan tidak wajar. 

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.

Posting Komentar

Sebelum berkomentar pastikan Anda telah membaca artikelnya ya. Terima kasih telah berkunjung.