6 Cara Ampuh Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru

Sesuaikan diri di sekolah

Kamu yang baru saja pindah dari sekolah menjadi momen yang menyenangkan bahkan menegangkan. 

Kamu mesti memulainya lagi dari awal. Berawal dari menyesuaikan diri, pengenalan dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Tentunya ini bukanlah hal mudah, namun lambat laun perasaan ini akan hilang.

Kamu yang sedang berada pada posisi itu sebenarnya adalah hal yang wajar. Baru pindah dari sekolah yang lama ke sekolah yang baru akan merasa canggung. 

Beradaptasi pada lingkungan yang baru tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Namun, jika kamu mempunyai niat yang tulus teman akan mudah didapat jika kita menerapkan cara menyesuaikan diri di sekolah baru. 

Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah Baru

Banyak cara mudah menyesuaikan diri dan beradaptasi di lingkungan baru. Beberapa diantaranya akan guntal.com ulas di bawah ini. Yuk disimak sampai selesai. 

Menjadi Pribadi yang Ramah

Jadilah pribadi yang ramah dan menyenangkan untuk bisa mendapatkan lingkungan positif. Menjadi pribadi yang ramah tidaklah di sekolah baru saja. 

Di mana pun kamu berada pastinya kamu akan bersikap ramah dengan siapa saja. Sekolah baru artinya memulai pengalaman baru, jadikan hal tersebut untuk eksplor kemampuan diri lebih dalam lagi. 

Sebagai orang baru jangan memasang wajah masam dan cemberut saja. Walaupun sebenarnya memang terasa tidak nyaman dan tidak ingin berada di situasi seperti itu. Cobalah bersikap ramah senatural mungkin.

Perbanyak Senyum

Senyum adalah ibadah. Perbuatan senyum mendapatkan pahala bagi yang melakukannya. Menjadi orang baru di suatu lingkungan asing memang bukanlah hal yang menyenangkan. 

Kamu harus berusaha ekstra untuk bisa masuk dan menyesuaikan diri di sekolah baru dan juga dalam komunitas apapun di tempat tersebut. 

Saling melempar senyum bisa menjadi salah satu cara awal dan paling mudah untuk mulai membangun hubungan pertemanan.  

Cara ini sangat berguna bila tidak punya kenalan sama sekali di sekolah tersebut. Saling lempar senyum adalah cara pendekatan kamu dengan teman barumu untuk mengenal lebih jauh lagi. 

Jangan Ragu Menyapa Duluan

Sebagai siswa baru di hari pertama jangan hanya berdiam diri di bangku atau sudut kelas saja. Jangan ragu untuk menegur temanmu. 

Cobalah beranikan diri, bangkit dan mulai melakukan komunikasi ringan. Seperti menanyakan nama, rumah, bahkan hobi. 

Jangan ragu untuk mengikuti bahkan mengajak jajan atau hanya ngobrol. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam menyesuaikan diri di sekolah baru.

Kenali Pribadi Temanmu

Aksi tegur sapa dengan teman akan menimbulkan penyesuaian diri terhadap temanmu. Maka dari itu, dalam menyesuaikan diri di sekolah baru, kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengenali karakteristik dari setiap individu. Jangan terkesan sebagai pribadi yang sombong jika ingin mempunyai teman, ya!

Kenali Lingkungan Sekolahmu

Bagi kamu yang baru pindah, beradaptasi dengan lingkungan sekolah membutuhkan waktu agar terbiasa. 

Itu semua tergantung dengan caramu. Supaya kamu lebih akrab dengan lingkungan sekolah, mintalah bantuan teman, atau wali kelas untuk menjelaskan setiap sudut sarana dan prasarana yang ada di sekolah. 

Hormati Gurumu

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan dalam menyesuaikan diri di sekolah yang baru adalah menghormati guru. 

Biasanya siswa yang akrab dengan guru akan mendapatkan penghargaan baik dengan kawan sekelas atau tingkat lebih tinggi. Asalkan jangan sampai berlebihan ya.

Ibu dari dua jagoan yang sering terpisah jarak karena tugas sebagai seorang pendidik di batas provinsi.

Posting Komentar

Sebelum berkomentar pastikan Anda telah membaca artikelnya ya. Terima kasih telah berkunjung.