18 Bunga Bangkai Ditemukan di Saniang Baka Sepanjang 2022

Guntal.com - 16 bunga bangkai ditemukan di Saniang Baka sepanjang tahun 2022. Delapan diantaranya ditemukan dalam keadaan layu. 

Selain itu Tim Belukar Pokdarwis Tangaya Saniang Baka juga menemukan 27 Rafflesia sepanjang tahun 2022. 

Bunga-bunga tersebut ditemukan di Nagari Saniang Baka yang terletak di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok.

“Selain 27 Rafflesia kami juga menemukan 18 bunga bangkai sepanjang tahun 2022,” ujar Koordinator Belukar Pokdarwis Tangaya Saniang Baka pada Rabu (27/12/2022).

“Tujuh bunga Amorphophallus Titanum (bunga bangkai) dan satu jenis Gigas ditemukan dalam keadaan mekar, selebihnya sudah layu,” tambahnya.

Beberapa lokasi penemuan bunga bangkai di Nagari Saniang Baka yaitu di Aia Angek Lubuk Camin, Aia Lasi Lurah Kariang hingga hiliran Hutan Aia Bareh.

“Penyebarannya Amorphophallus Titanum ini dibawah 600 mdpl di Saniang Baka. Kalau lebih tinggi dari ketinggian itu kami banyak menemukan jenis Amorphophallus Gigas,” tuturnya.

Amorphophallus titanum sendiri masuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Bungai ini masuk ke dalam tumbuhan asli Indonesia, di mana populasinya ditemukan di hutan-hutan Sumatera yang ada di Indonesia.

Pengembangan dan konservasi bunga bangkai di Nagari Saniang Baka sendiri, telah dimulai Tim Belukar Pokdarwis Saniang Baka sejak November 2021.

“Saat pengembangan rafflesia, ternyata kami juga menemukan bunga bangkai dan sejak itulah hingga sekarang dikembangkankan dan dilakukan konservasi,” tutup Riski. *uc/ril

---
Ikuti berita terbaru dan terkini dari Guntal.com dengan mengikuti Guntal.com di Google News pada tautan ini. 
Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.
© Guntal.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain