Ada 9 Lokasi Lintasan Kereta Api Belum Dijaga di Padang

Sembilan lokasi perlintasan tak berpenjaga tersebar di beberapa lokasi dan terbanyak di Koto Tangah Padang.

Ada 9 Lokasi Lintasan Kereta Api Belum Dijaga di Padang
Ilustrasi Rel Kereta Api (pixabay)

Guntal.com
- Dikutip dari data akun media sosial Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatra Barat. Ada sembilan lokasi perlintasan kereta api di Padang tanpa penjagaan.

Hal ini akan berdampak kepada keselamatan masyarakat yang ada di sekitar perlintasan terutama pengguna jalan. Seperti yang dialami oleh satu keluarga di lintasan kereta api saat mobil yang ditumpangi tertabrak kereta api di Pasar Usang, Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, sekitar jam 17.50 WIB.

Sembilan lokasi perlintasan tersebut tersebar di beberapa lokasi dan terbanyak di Koto Tangah Padang yaitu:

  • Antara Stasiun Tabing – Lubuk Buaya (JPL 20, KM 17+075). Lintasan ini berlokasi di Jalan Pasie Nan Tigo (Simpang Muaro Panjalinan) Kecamatan Kota Tangah, Kota Padang.
  • Antara Stasiun Tabing – Lubuk Buaya (KM 18+042). Tepatnya berada di Jalan Mushalla Niatul Mukmin Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
  • Antara Statiun Lubuk Buaya – Duku (KM 22+290). Lintasan ini berada di Jalan SMA N 7 Padang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
  • Antara Statiun Lubuk Buaya – Duku (JPL 24A, KM 22+724). Lintasan ini berada di Jalan Kampus II FIK UNP, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
  • Antara Statiun Lubuk Buaya – Duku (KM 23+058). Lintasan ini berada di Jalan Basarnas (Simpang Kampung Melayu), Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
  • Antara Statiun Lubuk Buaya – Duku (JPL 21A, KM 20+750). Lintasan ini berada di Jalan Rumah Potong (Kantor Lurah Lubuk Buaya), Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
  • Antara Stasiun Tabing – Lubuk Buaya (JPL 20D, KM 18+821). Lintasan ini berlokasi Jalan Mutiara Putih Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
  • Antara Stasiun Pasar Alai – Air Tawar (JPL 9C, KM 10+767). Lintasan ini berada di Jalan Belanti Permai (Belakang Transmart) Ulak Karang Selatan, Kota Padang.
  • Antara Stasiun Air Tawar – Tabing (JPL18, KM 16+139,5). Lintasan ini berlokasi di Jalan Wisma Indah V (sebelum Stasiun Tabing) Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Informasi yang diterangkan menyatakan bahwa pintu perlintasasn yang baru dibangun, saat ini belum beroperasi karena masih dalam tahap pengujian.

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Barat telah melakukan upaya peningkatan keselamatan di perlintasan sebidang dengan membangun pintu perlintasan, sistem peringatan dini atau early warning system (EWS), jalan inspeksi, jembatan penyeberangan, dan patok rel pembatas sepanjang tahun 2022. *uc/rilis

---

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Guntal.com dengan mengikuti Guntal.com di Google News pada tautan ini

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.
© Guntal.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain