Kucing Emas Temuan Warga Solok Diserahkan ke Kelaweit untuk Pengecekan


Guntal.com - Kucing emas yang ditemukan warga di Balai Benih Ikan, Kelurahan Laiang, Tanjung Paku, Kota Solok diserahkan ke Kelaweit.

Penemuan kucing emas adalah yang pertama di wilayah setempat.

Petugas Pengendali Ekosistem Hutan dari BKSDA Resort Barisan Solok Jumanda Putra, Selasa (20/12/2022) menyatakan bahwa kemunculan kucing emas di dekat pemukiman warga adalah yang pertama. 

Masih kata Jumanda, Kucing Emas dengan nama latin Pardofelis Temminckii ini telah diserahkan ke NGO Kalaweit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Kami telah bermitra dengan Yayasan Kalaweit dan juga di sana ada tim dokter hewan. Lokasinya berada dekat wilayah BKSDA Resort Solok,” tuturnya.

Sekedar informasi Kalaweit adalah lembaga non profit yang bergerak dan konsen terhadap pelestarian primata yang berbasis di Nagari Supayang Kabupaten Solok.

Jumanda juga menyebutkan bahwa kucing emas tersebut mengalami malnutrisi dan butuh penanganan langsung dari dokter hewan Kalaweit. 

Selanjutnya BKSDA akan terus melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan satwa yang dilindungi ini.

“Setelah ini kucing emas akan dirawat Kalaweit dan akan terus kami lakukan pemantauan,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan faktor munculnya satwa langka dilindungi ini ke pemukiman warga dapat disebabkan karena sakit dan ingin meminta pertolongan. *uc/BKSDA

---
Ikuti berita terbaru dan terkini dari Guntal.com dengan mengikuti Guntal.com di Google News pada tautan ini. 
Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.
© Guntal.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain