Sutan Riska Terima Pengharagaan Bupati Pendukung Gerakan Zakat Sumatra Barat

Sutan Riska menyatakan bahwa Baznas berkontribusi besar dalam pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan umat di Kabupaten Dharmasraya.

Sutan Riska menyatakan bahwa Baznas berkontribusi besar dalam pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan umat di Kabupaten Dharmasraya.
Bupati Kabupaten Dharmasraya pada malam Anugerah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award Tahun 2022, Padang, Rabu (28/12) malam.

Guntal.com
- Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Kabupaten Dharmasraya menerima penghargaan sebagai Bupati Pendukung Gerakan Zakat Sumbar.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Kabupaten Dharmasraya pada malam Anugerah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award Tahun 2022, Padang, Rabu (28/12) malam. 

Sutan Riska menerima penghargaan tersebut karena dinilai mempunyai komitmen penuh mendukung gerakan zakat Sumbar di Dharmasraya. 

Dalam acara penghargaan itu, tampak hadir Ketua Baznas Dharmasraya, Z Lubis, anggota Ridwan Syarif, Rusmiyati, Muhammad Hakim, dan Ardios. 

"Alhamdulillah, sejak awal memang kita memandang zakat dan Baznas sebagai salah satu pilar dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Dharmasraya," tutur Sutan Riska, di Padang, Rabu (28/12/2022) malam seperti dikutip dari media sosial Release Dharmasraya. 

Sutan Riska menyebutkan selalu mendukung program Baznas hingga ke tingkat nagari untuk terus berupaya memaksimalkan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah serta dana sosial keagamaan lainnya guna meningkatkan kesejahteraan hidup warga Kabupaten Dharmasraya 

Karena peran tersebut, Sutan Riska menyatakan bahwa Baznas berkontribusi besar dalam pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan umat di Kabupaten Dharmasraya. 

"Kami berharap penghargaan ini bisa memacu semangat Baznas untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjalankan program," tutur Sutan Riska.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Baznas Dharmasraya Z Lubis dan jajaran juga menyampaikan selamat atas penghargaan yang diterima oleh sosok bupati dua periode tersebut. 

"Dukungan Pak Bupati Sutan Riska dinilai lebih dari daerah lain, seperti melalui pengalokasian dana APBD,  pembuatan perda, perbup, dan edaran tentang dukungan pengelolaan zakat di Dharmasraya," bocor Z Lubis.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Zakat Baznas Sumbar, Afriyanto Korga mengatakan Baznas Award 2022 dibagi ke dalam dua kategori yaitu 10 kategori apresiasi dan 8 Apresiasi Kompetisi.  

Delapan kategori apresiasi kompetisi diantaranya, bupati pendukung gerakan zakat Sumbar, wali kota pendukung gerkaan zakat Sumbar, zakat perusahaan swasta terbaik, LAZ pengumpulan zakat terbaik, Baznas kabupaten/kota dengan peningkatan pengumpulan zakat terbaik. 

Seterusnya kategori Baznas kabupaten/kota dengan Pendayagunaan Zakat Terbaik, Baznas kabupaten/kota dengan Laporan Keuangan Terbaik, dan Baznas kabupaten/kota dengan Tata Kelola Kelembagaan Terbaik.

Kemudian 10 kategori apresiai, diantaranya Tokoh Pendukung Gerakan Zakat Sumatra Barat, Komisi Negara Pengumpul Zakat Terbaik, Instansi Vertikal Pengumpul Zakat Terbaik, Instansi Vertikal Pendukung Gerakan Zakat, Perguruan Tinggi Negeri Pengumpul Zakat Terbaik.

Selanjutnya, perguruan tinggi swasta pengumpul zakat terbaik, UPZ SKPD/OPD pengumpul zakat terbaik, pengelolaan zakat BUMN provinsi terbaik, pembayar zakat perorangan teladan, dan ormas pendukung gerakan zakat sumbar. *uc/ril

---

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Guntal.com dengan mengikuti Guntal.com di Google News pada tautan ini

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.
© Guntal.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain