Kebakaran di Cupak, Lahap Habis Enam Rumah Termasuk Rumah Gadang

Beruntung kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi kerugian materil diduga mencapai puluhan miliar rupiah.

Kebakaran di Cupak, beberapa Rumah Gadang ludes terbakar (3/1/2023)
Kebakaran di Cupak, beberapa Rumah Gadang ludes terbakar (3/1/2023) 

Guntal.com
- Kebakaran yang terjadi di Balai Pandan, Cupak, Kabupaten Solok melahap enam rumah termasuk diantaranya Rumah Gadang.

Kebakaran yang terjadi Selasa, (3/1/2023) malam sekitar jam 22.30 diduga dipicu oleh korsleting listrik dari salah satu rumah yang ikut dilahap api.

Kapolsek Gunung Talang AKP Aam Hermanto membenarkan, kebakaran terjadi diduga akibat konsleting listrik di salah satu rumah warga.

Api cepat membesar karena struktur bangunan rumah termasuk Rumah Gadang terbuat dari kayu dan berada di lokasi ramai.

“Api cepat membesar karena rumah terbuat dari kayu,” tuturnya.

Proses pemadaman berjalan dramatis, sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Solok dikerahkan. 

Pemadaman juga dibantu oleh Damkar Kota Solok yang mengirimkan dua unit mobil pemadam. Ditambah dua unit dari Damkar Tanah Datar dan satu unit dari armada Damkar Padang Panjang.

Api benar-benar baru dapat dipadamkan seluruhnya pada Rabu (4/1/23) dini hari sekitar jam 01.00 WIB. 

Beruntung kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi kerugian materil diduga mencapai puluhan miliar rupiah.

Sementara itu Rabu, (4/1/2023) Bupati Kabupaten Solok, Epyardi Asda langsung datang ke lokasi untuk mengunjungi korban kebakaran.

Dalam arahannya, Bupati juga telah menginstruksikan dinas dan instansi terkait untuk memberikan bantuan langsung kepada para korban.

“Pertolongan pertama alat berat dari Dinas PUPR akan segera dikerahkan tentunya setelah penyelidikan oleh Kepolisian selesai,” sebut Epyardi.

Bupati juga menyebutkan Pemerintah Kabupaten Solok melalui dinas terkait akan membantu penanganan pasca musibah.

Termasuk rencana perlunya dibangun hydrant untuk membantu armada Damkar mendapatkan sumber air saat musibah kebakaran terjadi. *uc/iska

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.