Agar Motor Sat Set, Perhatikan 7 Bagian Ini Secara Berkala

Agar Motor Sat Set, Perhatikan 7 Bagian Ini Secara Berkala
Tinggal di daerah pemukiman yang padat penduduk. Sepeda motor mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa sat set, motor juga lebih fleksibel untuk penggunaan di daerah pemukiman padat penduduk. 

Tapi tahukah kamu bahwa memiliki motor bukan hanya sekedar memiliki. Ada beberapa perawatan yang harus dilakukan agar motor berada di performa terbaik. 

Bagian mana saja yang harus di cek? 


Nah, berikut ini adalah beberapa bagian motor yang wajib kamu cek secara berkala. Bagian ini merupakan bagian terpenting dari motor. 

Oli motor


Bagian pertama yang harus kamu cek dari kendaraan roda dua ini adalah bagian oli. Ada dua macam bagian oli yang harus di cek. Yaitu oli depa (oli mesin) atau oli belakang (oli gardan) untuk motor berjenis automatic (matic). 

Oli mesin berfungsi untuk melumasi, pendingin dan pelindung mesin motor. Oleh karena itu mengapa kamu harus cek secara berkala oli mesin ini. 

Normalnya oli mesin diganti dengan perhitungan 2500km. Namun belakangan ini teknologi semakin termajukan. Ada beberapa produsen oli terkini yang menawarkan penggantian oli mesin di angka 5000km. Terutama untuk oli motor matic

Durasinya lebih lama 2 kali daripada oli mesin biasa. Hal ini dikarenakan oli-oli ini sudah menggunakan ternologi ester. Jadi wajar jika produsen oli tersebut mengklaim bisa lebih tahan 2 kali lebih lama dari oli biasa. 

Sedangkan untuk oli gardan, biasanya diganti dengan menggunakan rumus perbandingan 2x1. Dua kali untuk oli mesin dan satu kali untuk oli gardan. 

Rem motor


Rem motor atau kampas rem adalah bagian berikutnya yang harus diperhatikan. Daya tahan kampas rem tergantung pada prilaku oenggunan dan kondisi jalanan yang dilalui setiap hari. 

Kenapa harus memperhatikan kampas rem? Karena rem adalah bagian penting pada motor. Jika rem motor bermasalah, maka keselamatan dan kenyamanan saat berkendara menjadi taruhan. 

Masalah utama pada rem adalah kurang pakem. Hal ini biasanya disebabkan oleh menipisnya kampas rem. Jika ini terjadi, sebaiknya kamu segera mengganti kampas rem tersebut dengan yang baru. 

Saringan udara


Saringan udara atau biasa dikenal dengan filter udara merupakan komponen penting pada motor. Fungsi dari saringan udara ini sebagai penyaring kotoran agar tidak masuk ke ruang pembakaran. 

Jika saringan udara tidak berfungsi atau rusak. Maka kotoran yang masuk akan merusak dan mengganggu sistem injeksi dan karburator pada motor. 

Untuk memastikan ada kendala pada saringan udara. Mekanik akan memastikan dengan memeriksanya terlebih dahulu. Selanjutnya mekanik akan memutuskan apakah filter udara ini harus diganti atau masih bisa diakali. 

Aki


Bagian selanjutnya yang harus diperhatikan adalah aki atau accu pada motor. Ciri-ciri aki pada motor mengalami masalah adalah sulitnya motor untuk di starter atau dihidupkan. 

Kenapa demikian? Karena pada dasarnya fungsi aki adalah pemberi supply api atau kelistrikan pada motor. Sedangkan tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Hal di atas rata-rata disebabkan oleh masa pakai aki yang sudah terlampaui. Bisa juga disebabkan oleh terminalnya berkarat atau bisa juga dikarenakan adanya kebocoran pada aki tersebut. 

Ban


Setelah aki, ada ban yang harus kamu perhatikan. Ban dengan kondisi botak, hilang ragi (motif) dan aus merupakan ciri-ciri ban motor kamu harus segera diganti. 

Penggantian ban motor tentu juga akan melewati pengecekan terlebih dahulu. Mekanik biasanya akan memeriksa tekanan, kondisi motif dan keausan pada ban sebelum memutuskan untuk menyarankan penggantian. 

Busi


Busi adalah bagian motor yang merubah aliran listrik koil menjadi percikan api yang mana percikan ini akan menghidupkan mesin motor. 

Jika didapati motor kamu tidak bisa dinyalakan. Bisa jadi businya bermasalah dan perlu diganti dengan yang baru. 

Tune up


Apa itu tune up pada motor? Servis tune up adalah servis motor yang dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari bagian luar hingga ke bagian terdalam motor. 

Tune up sendiri biasanya akan fokus pada pemeriksaan di antaranya tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, hingga klakson. 

Pada beberapa kasus, tune up juga diikuti oleh penggantian oli (oli mesin dan oli gardan) serta penggantian sparepart. Untuk ini kamu ga perlu kaget, karena mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada kamu. Bagian mana yang harus diganti dan bagian mana yang masih bisa diakali. Jika setuju, baru setelahnya mekanik akan melalukan penggantian. 

Bengkel servis terbaik


Dari informasi di atas, tentu tidak semuanya bisa kamu lakukan sendiri bukan? Atau di beberapa kasus ada bengkel yang tidak menyediakan pelayanan lengkap. Kamu ga mau kerja dua kali bukan? 

Nah memilih bengkel servis seperti Planet Ban adalah pilihan bijak. Di Planet Ban kamu bisa dapatkan hasil servis yang maksimal. Bahkan kamu bisa merasakan hasil servis motor rasa motor baru. 

Servis motor rasa motor baru adalah pelayanan super lengkap yang ditawarkan oleh Planet Ban. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. 

Planet Ban memberikan fokus pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Inilah mengapa pemeriksaan dan perbaikan ini disebut dengan servis motor rasa baru. 

Lalu apa saja manfaat servis motor di Planet Ban? 


Planet Ban
Ganti oli 2 kali lebih lama dari penggunaan oli biasa. Artinya ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km.

Oli yang digunakan juga oli dengan kualitas terbaik di kelasnya. Sehingga dapat meningkatkan performa motor dan otomatis melindungi mesin agar lebih awet dan tahan lama. 

Penggunaan suku cadang terbaik dan asli menjadikan kamu lebih aman, nyaman dan tidak was-was saat melakukan servis rutin. 

Biaya servis jauh lebih hemat, pas dikantong dan kamu juga bisa ikut andil dalam menjaga lingkungan karena emisi dan polusi setelah servis bisa lebih berkurang.

Keunggulan servis motor di Planet Ban


Keunggulan utama jika kamu servis motor di Planet Ban adalah layanan yang diberikan. Jika biasanya kamu servis di tempat lain. Kotoran dan debu tidak dibersihkan. Maka hal tersebut tidak kamu temukan jika kamu menyervis motor di Planet Ban. 

Karena servis di Planet Ban seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Artinya servis motor di Planet Ban menjadikan motor kamu seperti punya mesin baru. Hasilnya tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan tentunya mesin motor jadi bersih total.

Jangan ragu dengan harga servis di Planet Ban. Harga service motor di Planet Ban yang selengkap itu termasuk terjangkau. Untuk service motor injeksi Planet Ban cuma mematok harga di angka Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Bagaimana? Masih ragu buat membawa motor kesayangan ke bengkel servis terbaik Planet Ban? Udah deh, jangan ragu lagi. Segera manjakan motormu dengan servis rasa motor baru di Planet Ban. 
Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.