Gubernur Ungkap Pentingnya Keluarga dan Masyarakat untuk Menyelesaikan Masalah Sosial Kependudukan

Gubernur Ungkap Pentingnya Keluarga dan Masyarakat untuk Menyelesaikan Masalah Sosial Kependudukan
Guntal.com - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menekankan pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai isu sosial kependudukan.

“Anak dan perempuan harus dilindungi dan diberdayakan sebagai bagian dari solusi masalah kebangsaan. Pemerintah harus menjamin hal itu, termasuk juga mengendalikan penduduk dan KB,” kata Mahyeldi saat membuka Forum OPD DPPPA&PPKB Sumbar di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (27/2/2024).

Menurut Mahyeldi, keluarga yang baik akan melahirkan generasi yang baik pula. Hal ini akan menjamin kualitas berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Oleh karena itu, Mahyeldi menyatakan bahwa keluarga adalah dasar pembangunan kebangsaan.

“Fungsi pendidikan ada di dalam keluarga. Keluarga, sekolah, dan rumah ibadah harus bekerja sama untuk mendidik generasi masa depan yang baik juga,” jelasnya.

Selain keluarga, Mahyeldi juga menyoroti pentingnya kepedulian masyarakat untuk mengatasi berbagai isu sosial kependudukan atau kemasyarakatan.

Mahyeldi menganggap, faktor ini semakin luntur, sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk mengembalikannya di tengah kehidupan sosial bermasyarakat di Sumbar.

“Kalau dulu, anak-anak tidak hanya diawasi oleh orang tuanya, tapi juga oleh seluruh masyarakat di sekitar tempat tinggal atau lingkungannya. Sekarang, fungsi pengawasan itu yang mulai hilang,” ucap Mahyeldi. (Huta)

Melalui Forum OPD DPPPA&PPKB Sumbar tersebut, Mahyeldi mengingatkan pentingnya sinkronisasi program antara provinsi dan kabupaten/kota.

Hal ini bertujuan untuk menghidupkan kembali dan meningkatkan peran-peran pengawasan tersebut, sehingga isu sosial kependudukan di masyarakat Sumbar bisa diselesaikan.

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.