Pendidikan

4 Hal yang Harus Diperhatikan dan Dihindari Saat Chatting di Dunia Maya

4 Hal yang Harus Diperhatikan dan Dihindari Saat Chatting di Dunia Maya – Aktivitas dunia maya sudah menjadi kebutuhan sekunder yang wajib kamu penuhi dalam setiap hari. Tanpa ada aktivitas daring maka kamu akan berasa ada yang kurang.

Menurut penelitian, orang Indonesia menghabiskan waktu hingga 7 jam 59 menit per harinya dalam dunia maya. Aktivitas ini melampaui satu jam lebih tinggi dari rata-rata orang di dunia menghabiskan waktu di internet.

Apakah kamu termasuk orang yang juga menghabiskan waktu di dunia maya sebanyak data di atas? Jika iya, ada baiknya kamu mulai menguranginya dengan mengalihkan kegiatanmu ke arah yang lebih bersifat dunia nyata alias fisik. Sebut saja, seperti work out di rumah atau sekedar jogging di seputaran kompleks tempat tinggalmu.

Namun, bukan hal itu yang akan penulis bahas kali ini di guntal.com. Kegiatan berselancar di dunia maya orang Indonesia kebanyakan berada di situs pertemanan sosial, seperti facebook, whatsapp dan lain sebagainya.

Kegiatan chatting atau ngobrol secara online menjadi salah satu kegemaran orang Indonesia. Kegiatan ini mungkin juga sedang melanda kamu yang masih berjiwa muda dan membara. Anak muda Indonesia lebih banyak menghabiskan waktunya chatting di sosmed atau di aplikasi obrolan yang disediakan oleh game online.

Tapi tahukah kamu? Ada etika yang harus kamu jaga saat berada dalam obrolan yang bersifat dalam jaringan atau daring. Misalnya kalimat apa saja yang harus kamu gunakan saat ngobrol dalam jaringan dengan guru, orangtua, orang yang lebih tua atau bahkan dengan teman sejawatmu.

Semuanya ada aturan yang harus kamu ikuti. Bisa saja beberapa cara dan kata yang kamu kirim pada orang lain terdengar kasar oleh orang yang menerima pesanmu dan begitu juga sebaliknya.

Selain apa yang dijelaskan di atas, ada hal yang benar-benar harus kamu perhatikan saat chatting dengan orang lain di dunia maya. Apalagi dengan orang yang baru saja kamu kenal di internet.  

Apa saja yang seharusnya tidak kamu lakukan di saat chatting di dunia maya dengan orang tidak dikenal? Berikut kami ulas untuk kamu yang masih terlalu lugu dalam perdunia-mayaan.

1. Balas sewajarnya dan seadanya

Jika orang yang tidak kamu kenal mulai melakukan obrolan denganmu di dunia maya. Balas saja seadanya dan sesopan mungkin. Jangan pancing dengan basa-basi yang tidak perlu, layani saja dengan sewajarnya.

2. Jangan layani PAP

PAP atau post a picture adalah hal yang biasa ditanyakan oleh orang baru dikenal di dalam percakapan. Jika ada orang yang mulai menanyakan PAP ke kamu. Ada baiknya untuk segera menghentikan percakapan.

Suatu yang tidak wajar jika seseorang yang memulai obrolan tapi malah nanyakan photo kepadamu. Kenapa gak wajar? Karena biasanya seluruh akun akan tersedia photo, kecuali kamu adalah orang  yang menganut paham tertentu.

Jadi suatu kejanggalan jika dia tiba-tiba menanyakan foto di dalam chatting. Atau bahkan dia memulai chat tanpa mengirim pertemanan pada akun sosmedmu.

3. Perhatikan arah obrolan

Saat kamu berminat untuk melayani obrolan yang dimulai dari orang tidak dikenal. Ada baiknya kamu memperhatikan arah obrolan yang dia mulai.

Namun, jika dirasa obrolannya mulai tidak beraturan dan mengarah ke hal yang gak baik. Jangan sungkan untuk berhenti membalas seluruh pesan dari dia.

4. Perhatikan akunnya dengan seksama

Ada hal penting yang seharusnya kamu lakukan di awal memulai percakapan dengan orang baru. Perhatikan keaslian akunnya, dan cek apakah akun tersebut hanya akun fake atau akun yang baru saja dibuat.

Bila akunnya adalah akun fake, atau akun baru dibuat. Bisa dipastikan orang tersebut memiliki tujuan tertentu sehingga memulai obrolan denganmu. Biasanya akun baru dan fake ini memiliki tujuan yang tidak baik.

Kesimpulan

Itulah 4 hal yang harus kamu perhatikan dan hindari saat memulai obrolan dengan orang baru di dunia maya. Berhati-hati jauh lebih baik daripada menyesal nantinya. Bersikap waspada bukan berarti kamu sombong dan tidak elok di dunia maya. Jika tidak terlalu penting, ada baiknya lebih fokus ke pendidikan dari pada di sosmed dan chatting ya. Mungkin dengan mencari artikel pendidikan jadi solusimu mengalihkan waktu yang habis di sosmed dengan kegiatan yang lebih berguna.

Afriant Ishaq

Founder guntal.com yang merangkap jadi kuli di dunia nyata akibat efek stigma bahwa di depan komputer itu main bukan kerja.

Related Articles

34 Comments

  1. Bener banget mas. Walaupun di dunia maya kita tidak pernah tahu dengan siapa kita berkomunikasi, alangkah baiknya jika etika yang santun harus tetap diterapkan. Kalau di FB saya chek dulu mulai bergabung di FB sejak tahun berapa.

  2. Benar sekali Mba. Ngecek akunnya dan teliti sedikit dengan akun mungkin bisa untuk sekedar jaga-jaga.

    Makasi Mba udah berkunjung.

  3. Di FB sering nih. Akunnya aneh-aneh, nanyanya juga aneh-aneh. Saya sering nemuin ini masuk ke pesan, dan langsung saya blok akun yg bersangkutan.

  4. Saya akhirnya tahu arti PAP itu Post A Picture hahaha konyol
    Saya terkadang minta buat PAP jika potonya tidak ada karena banyak juga kan akun tidak jelas hhe

  5. Kalau saya males banged meladeni orang chatting kl ga ada maksud dan tujuan yg jelas hehe… mgkin krn tiap hr udah capek jg jawab2in ratusan chat mahasiswa yaa jdnya yg penting2 aja. Nice share ini, tks yaa

  6. dibuatnya akun sosmed untuk memudahkan kegiatan manusia sekaligus mencelakakan jika tdk bijak digunakan ya kak..betul sekali penting untuk waspada terhadap perilaku tdk wajar kala chat online..terima kasih sdh mengingatkan

  7. Sangat harus bijak kak. Berapa banyak yg kehidupannya justru hancur setelah beberapa kelakuan di chat tak terkontrol.

  8. Ya Mas. Kalau dia duluan ya dimanta PAP nya. Kalau ga mau. Ya udah tggalin aja Mas. Cari yg lain hehe.

  9. Keren pisan nih tipsnya. Kalau saya sendiri jarang melayani pesan dari orang yang nggak dikenal. Saya juga setuju dengan sarannya. Akan lebih baik untuk mendalami pendidikan dibanding sibuk chatinggan

  10. Sebelum menyetujui pertemanan, biasanya saya cek dulu juga akunnya. Seperti pagi ini ketika cek Twitter ada yang follow saya dan ternyata pas dicek akunnya fake dan berisi video kurang etis. Serem

  11. Iyanihh orang-orang perlu baca ini nih. Biar ngga sksd gitu kalau lagi ngechat. Baru juga add friend udah nanyanya detail banget meskipun itu diniatkan promosi produknya. Annoying banget. Sampai sampai pas ngga dibalas, dia nya ngotot masih say haalo halo haloo mba kenapa ngga dibalas? Duh beneran gedekk banget sama orang yg gapunya etika di medsos seperti ini.

  12. Tips no 2 sering kita jumpai ni kak. Banyak orang ketipu dengan bujuk rayuan maut si peminta PAP, agar mau ngirim foto. Mungkin karena saking penasarannya kali ya. Apalagi orangnya blom kita kenal. Klu saya si, cuekin aja.

  13. Aku paling takut kalo akun gak dikenal tiba-tiba meminta izin panggilan video. Ih ngeri ah.. zaman now suka aneh-aneh kelakuan manusia ya mas.

  14. Poin-poinnya benar banget. Apalagi melihat arah pembicaraan kadang suka ngeri kalau sampai terjadi apa-apa privasi benar-benar harus dijaga.

  15. Jika tak penting, sebaiknya gak usah dilayani ya Teh.

    Belajar sesuatu yg baru diinternet mgkin lebih bermanfaat. Seperti nge blog misalnya.

  16. Cocok..! Banyak loh kejahatan dr chat yg ga kita kenal. Jd jiga bgitu baiknya jangan ladeni mesti kita pun iseng, tar malah kebablasan hehe

  17. Pernah nemu nih.. di FB y biasanya.. orang asing, akunnya real dan ngobrol juga masih masuk akal, spt orang2 yg mau latihan bahasa inggris sekalian cari teman dr negara lain.. tapi pas minta pap,sebodo teuing lah, Tak kukasi

  18. Saya, kalau yg ngajak chat orang yang tidak saya kenal, bukan blogger, influencer atau anggota komunitas tertentu, saya acuhkan. Kalau dari luar negeri, auto blokir.

  19. Aq kalo ada teman baru trus DM suka takut kak, nggak tau kenapa suka khawatir takut penipuan atau apa.
    Atau aq yang terlalu parno ya?? Hihi

  20. Aku mah jarang banget ngobrol lewat chat
    Enakan telepon atau ketemu langsung
    soalnya chat itu suka bikin salah paham

  21. Wkwkwkw jadi inget .dlu pernah deket sama cowok. Di chat dikit2 minta pap.
    .males bgt kak

    Ilfeel malahan yg ada.. Hmmm

  22. wah, saya termasuk orang yang aktif di dunia maya.
    tapi untuk chatting, biasanya sama rekan kerja aja, bahas masalah kerja.
    tips-tipsnya oke banget kak untuk mencegah hal-hal yang kurang berkenan, atau malah hal-hal yang tidak diinginkan. waspada itu perlu…

  23. Bahkan kalau teman sekalipun yg berkomunikasi di dumay..saya lakukan hal serupa.. seperti balas sewajarnya..memperhatikan akunnya..karrna kalau penting dan urgen sifatnya jarang yang komunikasi via dumay..pasti lewat jalur yg lebih personal

  24. Jadi inget zamannya dulu pertama kenal chatting dunia maya. Geli banget sekarang kalau inget, kayak gak ada privasi gitu. haha. kalau di zaman sekarang yang namanya privasi itu penting banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button