Pendidikan

5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Mencari Kos

5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Mencari Kos – Musim ajaran baru telah tiba, meski masih di bawah bayang-bayang pandemi yang mengancam. Namun Indonesia sudah memasuki tahap kehidupan baru.

Kehidupan baru atau dikenal dengan istilah new normal ini sudah mulai diterapkan di beberapa provinsi di Indonesia. Beberapa sektor krusial seperti perdagangan dan bisnis sudah mulai menggerakkan roda mereka.

Termasuk sektor pendidikan, beberapa sekolah pun sudah mulai melakukan aktivitas seperti biasa. Mulai dari PPDB atau penerimaan peserta didik baru. Hingga kegiatan lain yang berkaitan dengan pendidikan.

Tentu saja mereka tetap harus patuh pada protokol covid-19 yang telah dirancang. Wajib menggunakan masker, cuci tangan dan tetap jaga jarak aman.

Jika sibuk dengan kegiatan ini, beberapa hal yang telah kamu tempuh adalah mencari rekomendasi sekolah terbaik atau favorit. Melamar dan mendaftarkan diri ke sekolah tersebut.

Hal selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan adalah mencari tempat kos. Ya, menjadi anak kosadalah langkah selanjutnya yang akan kamu tempuh. Mencari tempat kos yang sesuai dengan keuangan, kepribadian dan tentunya nyaman bagimu untuk menempatinya.

Sebagai orang asing di tempat baru, ada hal yang wajib kamu pertimbangkan ketika mencari kos yang nyaman dan aman bagimu.

Nah, berikut guntal.com jelaskan hal penting yang harus kamu perhatikan saat mencari tempat kos yang tepat. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasan ringan yang bisa kamu jadikan referensi untuk mencari tempat kos baru di daerah baru.

1. Air di Tempat Kos

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih tempat kos adalah air. Jangan sungkan untuk langsung cek ke kos sumber airnya. Apakah air yang digunakan dari air tanah atau air PDAM.

Jangan lupa juga untuk mempertanyakan apakah ketersediaan air terjamin bahkan disaat kemarau sekalipun. Banyak yang justru kesal di kemudian hari karena lupa untuk menanyakan secara detail tentang keberadaan air dan sumber air di kos.

Kamu gak mau kan kalau di saat kemarau air di kos mu justru abis dan kamu gak bisa mandi berhari-hari? Bahkan, walau hanya untuk gosok gigi sekalipun.

2. Kamar Mandi dan Toilet di Tempat Kos

Sebenarnya setali dengan air tadi, hal yang harus kamu perhatikan dalam mencari kos yang nyaman dan aman adalah kamar mandinya. Pastikan kamar mandi tersedia dan memadai untuk penghuni kos. Jika kamu punya uang lebih, kos dengan kamar mandi di dalam sangat dianjurkan.

3. Listrik yang Digunakan di Tempat Kos

Hal selanjutnya yang harus kamu tanyakan adalah perihal listrik. Apakah listrik sudah include dalam uang sewa kos atau bayar bulanan?

Jika bukan listrik bayar bulanan usahakan kamu mencari yang token saja. Karena secara kamu adalah anak kos akan sangat irit jika menggunakan token daripada listrik bayar bulanan.

4. Isi Kamar di Tempat Kos

Isi kamar adalah beberapa peralatan yang ada di kamar kos, standarnya peralatan yang tersedia di kos adalah tempat tidur dan lemari pakaian, selebihnya kamu yang menyediakan.

Nah, oleh karena itu jangan sungkan untuk cek dan menanyakan kondisi isi kamar kos sebelum kamu deal harga dengan pemilik kos.

Di sini kamu juga sebaiknya mengecek struktur bangunan dan keamanan kos semisalnya jendela dan lainnya.

5. Tanyakan Harga dan Negoisasikan

Setelah melakukan pengecekan empat hal di atas. Kini saatnya kamu lakukan negoisasi harga yang cocok dengan kantongmu dan orangtua. Negoisasikan harga yang pantas sesuai fasilitas yang disediakan.

Jangan terlalu mematok harga murah jika kualitas dan sarana yang ditawarkan kos an yang kamu incar memadai. Menanyakan harga pas dan jangan pernah sungkan untuk terus pertanyakan apakah harga naik dalam beberapa bulan ke depan?

Kesimpulan

Nah itulah 5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Mencari Kos, Pastikan semuanya telah kamu lakukan untuk menghindari penyesalan dikemudian hari.Namun sebaiknya kamu kos dengan teman atau saudara yang bisa dipercaya. Ini supaya kamu lebih terkontrol dan bisa meminta bantuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencari kos dan memulai hari barumu sebagi siswa dan warga baru di tempat kos mu.

Afriant Ishaq

Founder guntal.com yang merangkap jadi kuli di dunia nyata akibat efek stigma bahwa di depan komputer itu main bukan kerja.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button