Pendidikan

5 Keahlian Instan Yang Didapatkan Ketika Menjadi Anak Kos

5 Keahlian Otodidak yang Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Anak Kos – Menjadi anak kos akan kamu tempuh pada suatu saat ketika kamu benar-benar ingin hidup mandiri. Mungkin kamu akan menjadi anak kos saat jenjang pendidikanmu merangkak naik.

Sebut saja mungkin kamu akan menjadi anak kos saat masuk sekolah menengah pertama, atau bahkan saat kamu telah berada di sekolah menengah atas. Paling tidak kamu akan menjadi anak kos saat telah kuliah atau bekerja setelah SMA.

Awal-awal menjadi anak kos mungkin akan terasa asing dan sulit untuk dijalani. Namun, percayalah ini adalah awal hidupmu yang sebenarnya. Di sini kamu akan memulai hidup sebagai anak manusia yang mandiri.

Jika biasanya semua dikerjakan dan disediakan oleh orangtuamu. Saat menjadi anak kos kamu akan memulai hidup baru. Semuanya kamu yang sediakan sendiri, bahkan mencari apa yang kamu butuhkan juga sendiri.

Jika kamu berpikir positif, menjadi anak kos ada banyak hal dan hikmah yang bisa kamu ambil. Banyak hal yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Banyak hal baru yang akan kamu pelajari sendiri dan temukan sendiri.

Sebut saja, memulai memasak keperluan perut sendiri, mencuci baju sendiri dan melakukan hal-hal baru pun sendiri. Jika kamu kos dengan banyak kepala dalam satu kamar. Maka tak hayal, kamu juga bisa belajar banyak karakter dari banyak suku bangsa dan bahasa.

Nah apa saja keahlian otodidak yang bisa kamu dapatkan saat menjadi anak kos? Berikut guntal.com simpulkan untukmu beberapa keahlian yang bakal kamu peroleh secara instan saat menjadi anak kos.

1. Bangun Sendiri

Nah lo, bukankah dengan menjadi anak kos memang sendiri dan bangun sendiri? Apa keahliannya coba? Ups, yang guntal maksud bangun sendiri di sini adalah kamu bisa menyetel jam biologismu sendiri dengan bangun sendiri tanpa teriakan lantang dari ibumu dipagi hari.

Kalau biasanya di rumah, kamu baru bangun jika ibu tercintamu berteriak dari dapur memintamu untuk membelikan gas di warung depan atau memintamu untuk membantunya memasak di dapur. Saat menjadi anak kos, kamu akan rindu teriakan ibumu saat membangunkanmu.

Namun disinilah hikmah yang bisa kamu petik. Kamu harus bisa bangun sendiri tanpa teriakan ibu, kamu harus bisa bangun sendiri tanpa settingan alaram full power di gawaimu. Mungkin tak mudah, tapi seiring berjalannya waktu keahlian untuk bangun sendiri akan kamu kuasai hingga level tertinggi yang bisa dicapai dalam hidupmu.

2. Keahlian Instan Anak Kos, Cuci Kilat Baju Sendiri

Ini adalah keahlian saat menjadi anak kos yang akan dikuasai hampir seluruh anak kos. Mencuci baju dengan super cepat. Mengapa mencuci baju dengan super cepat?

Mungkin beberapa faktor penyebab kamu bisa mencuci dengan sangat cepat adalah keterbatasan air, antrian yang mengular dan malas lama-lama di kamar mandi.

3. Masak Makanan Instan ala Anak Kos

Cara masak mi instan, naget dan beberapa masakan kemasan cepat saji lainnya akan kamu kuasai hanya dengan membaca satu kali petunjuk cara memasaknya di kemasan.

Padahal sebelumnya gak pernah masak sama sekali di rumah. Ibu berperan penuh soal masak memasak di rumah bahkan untuk sebuah mi instan sekalipun.

4. Mager Seharian Tanpa Mandi

Nah ini adalah keahlian super yang justru bikin kamu super jorok. Kamu yang anak kos akan memiliki keahlian ini saat waktu libur tapi gak bisa pulang kampung atau gak ada acara kemana-mana.

Bisa dipastikan kamu akan mageran, tiduran di kamar seharian hingga besok pagi senin tiba. Saking magernya, bahkan kamu akan lupa cuci muka dan gosok gigi seharian.

Bangun hanya untuk cari makan dan setelah makan kembali merebahkan diri dan mageran hingga hari esokpun datang menjelang. Kebayangkan, kenapa kamu bisa betah seharian tanpa mandi dan gosok gigi?

5. Keahlian Manajemen Keuangan yang Baik Saat Menjadi Anak Kos

Menjadi anak kos sama dengan menjadi bos bagi diri sendiri. Semua diatur demi kepentingan diri sendiri, termasuk mengelola dan mengatur keuangan.

Ada tak adanya uang yang dikirimkan orangtua, menjadi pengelola keuangan sendiri itu wajib hukumnya bagi kamu anak kos. Kamu tidak akan tahu kapan saat kamu butuh uang lebih dan mendadak.

Nah jika kamu sudah mulai pandai dalam mengatur keuangan sendiri, Maka jika terjadi hal diluar perkiraan. Kamu gak akan terlalu panik lagi dengan masalah keuangan.

Sebut saja, kamu punya tabungan lebih yang disisihkan dari uang bulanan yang dikirimkan orangtua. Semakin telaten kamu dalam mengatur keuangan, semakin bijak kamu dalam mengatur dan menghadapi masalah keuangan yang tak terduga nantinya dimasa yang akan datang. 

Kesimpulan

Apapun keahlian instan anak kos otodidak yang kamu dapatkan saat menjadi anak kos hendaknya bisa kamu jadikan pondasi awal untuk hidup mandiri lebih baik ke depannya. Semakin baik kamu dalam melakukan segala hal saat menjadi anak kos. Menandakan semakin baik kamu dalam melaksanakan tugas dan keperluan pribadimu.

Jadi, terus belajar hal baru dan mengenal orang baru akan membuatmu bisa menentukan pilihan yang baik kedepannya. Kamu sudah memiliki keahlian otodidak saat menjadi anak kos yang mana?

Afriant Ishaq

Founder guntal.com yang merangkap jadi kuli di dunia nyata akibat efek stigma bahwa di depan komputer itu main bukan kerja.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button