Pendidikan

5 Keahlian Yang Dibutuhkan Dunia Kerja

5 Keahlian Yang Dibutuhkan Dunia Kerja – Mungkin di antara kamu ada yang sedang berpikir keras tentang dunia kerja yang akan kamu hadapi kelak. Apa saja yang dibutuhkan dan apa saja yang harus kamu persiapkan agar diterima baik oleh dunia kerja.

Selain faktor keberuntungan dan kerja keras. Dunia kerja juga akan bisa kamu taklukkan dengan beberapa keahlian yang harus kamu ketahui dan kuasai. Pasalnya nilai tinggi di sekolah bukan menjadi jaminan kamu bisa menaklukkan semua kesempatan di dunia kerja.

Bukan menafikkan, tapi setidaknya itulah hal yang bisa kamu pegang agar tidak patah semangat dengan nilai yang kamu dapatkan di sekolah. Ada banyak hal yang bisa membuat kamu tumbuh kuat dan hebat di dunia kerja selain nilai akedemis di sekolah. Salah satunya adalah skill atau kemampuan mu.

Skill Atau Keahlian Yang Dibutuhkan Dunia Kerja

Setidaknya kamu menghabiskan 12 tahun untuk mendapatkan nilai akedemis yang baik di sekolah. Disamping itu ada beberapa keahlian yang diajarkan sekolah kepadamu. Namun ada beberapa skill dan kemampuan yang sejatinya (kadang) tidak diajarkan di sekolah.

Nah, apa saja skill atau keahlian yang dibutuhkan dunia kerja yang seharusnya kamu kuasai? Dari beberapa banyak skill atau keahlian yang dibutuhkan dunia kerja. Guntal hanya akan mengajak kamu mengetahui beberapa saja untuk kali ini. Apa saja? Berikut ulasan singkat guntal untuk kamu.

Komunikasi

Bukan hanya sekedar komunikasi, setidaknya kamu harus expert atau piawai dalam berkomunikasi. Seperti yang kamu ketahui, komunikasi adalah bagian penting dalam perkembangan kebudayaan manusia.

Komunikasi menjadi bagian utama dalam tumbuh kembangnya dan besarnya sebuah peradaban yang diciptakan manusia. Oleh karena itu kepiawaian dalam komunikasi menjadi keahlian wajib kuasai saat kamu mulai masuk ke dalam dunia kerja.

Kepiawaian berkomunikasi akan memudahkan kamu dalam menyampaikan ide serta gagasan yang kamu miliki. Ide dan gagasan akan terasa hambar bahkan tidak berguna jika cara mengkomunikasikannya salah atau tidak tepat.

Seiring perkembangan zaman serta era globalisasi, kamu bahkan dituntut untuk piawai dalam berkomunikasi dengan banyak bahasa. Pelajari dan pertajamlah keahlian kamu di bidang ini. Tujuannya adalah agar kamu bisa menaklukkan dunia kerja dengan baik.

Negoisasi, Diplomasi dan Lobi

Terdengar familiar? Iya, tiga hal tersebut makin ke sini akan makin sering terdengar. Apalagi saat kamu sudah masuk ke dalam dunia kerja yang oenuh dengan tantangan dan ide-ide baru.

Kamu tidak akan jadi apa-apa tanpa tiga keahlian di atas. Negoisasi, diplomasi dan lobi akan sangat dibutuhkan. Termasuk dengan atasanmu atau orang lain yang sering bersinggungan dengan aktivitasmu di dunia kerja.

Kamu bisa saja mendapatkan posisi penting jika kamu bisa menguasai cara negoisasi, diplomasi dan negoisasi dengan baik dan benar. Hanya saja, hal yang harus kamu catat adalah lakukan negoisasi, diplomasi dan lobi tersebut sesuai fakta, data serta hasil kerja nyata yang telah kamu lakukan.

Berpikir Kritis dan Kreatiflah

Dunia kerja akan sangat membutuhkan orang-orang yang berpikir kritis dan kreatif. Jika kamu kritis dan kreatif ini akan menjadi bahan penting untuk kamu melanjutkan kepiawaian dalam komunikasi.

Berpikir kritis akan mendorong kamu mencerna dengan baik informasi yang masuk. Termasuk ide-ide maupun informasi lain. Tidak dipungkiri zaman digital seperti sekarang memberikan peluang bezar untuk informasi tidak benar menyebar secara masif. Berpikir kritis akan membendung segala pengaruh buruk dan memfilternya.

Disiplin Waktu

Kuno memang, tapi disiplin akan waktu yang kamu miliki menjadi penentu sukses atau tidaknya dirimu di masa yang akan datang. Percaya atau tidak, belum ada catatan sejarah dari orang-orang terkenal yang menyatakan kalau mereka tidak disiplin dengan dengan waktu yang dimiliki.

Kepemimpinan

Bagaimanapun, kamu adalah pemimpin bagi dirimu sendiri. Mampunya kamu memimpin diri sendiri ke arah yang lebih baik akan menjadi batu loncatan buat kamu dalam menjadi oemimpin kelak di dunia kerja.

Di awal karir di dunia kerja, mungkin kamu adalah bagian dalam sebuah tim. Namun suatu saat bisa saja kamu menjadi leader dari timmu. Tergantung kinerja kamu tentunya, jika jiwa kepemimpinan kamu terasah dan memiliki bakat kepemimpinan yang positif. Bukan hal yang tabu kamu justru dipromosikan untuk jadi pemimpin di cabang lainnya bukan?

Oleh karena itu, belajar perihal kepemimpinan adalah hal penting dan wajib kamu kuasai sebelum siap terjun ke dunia kerja secara utuh.

Kesimpulan

Itulah beberapa keahlian yang harus kamu oelajari dan akan sangat berguna saat kamu benar-benar terjun ke dunia kerja. Keahlian yang dipaparkan di atas termasuk soft skill yang sangat berguna kelak jika kamu pelajari dengan baik dan benar.

Bagaimanapun dunia kerja adalah dunia dimana kamu dituntut harus memiliki keahlian, kreatif dan siap dengan segala tantangan. Jadi masihkah kamu tidak mau belajar 5 keahlian yang dibutuhkan dunia kerja tersebut? Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Afriant Ishaq

Penulis yang malas menulis. Suka menulis sesuatu yang beraroma pendidikan, remaja dan gaya hidup.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button