Pendidikan

5 Sekolah Menengah Terbaik di Kabupaten Tanah Datar

5 Sekolah Menengah Terbaik di Kabupaten Tanah Datar – Ada yang sudah berkunjung ke Istana Basa Pagaruyuang? Istana ikonik dari kerajaan Minangkabau di masanya ini terletak di kabupaten Tanah Datar. Kabupaten yang kerap dikenal sebagi ranah Luhak nan Tigo merupakan pusat kerajaan Minangkabau dahulunya.

Terletak dalam dekapan tiga gunung api yaitu, kaki gunung Merapi, gunung Singgalang, dan gunung Sago. Kabupaten Tanah Datar juga hampir sebagian wilayahnya dikelilingi oleh danau Singkarak yang membentang luas.

Untuk informasi bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan sekolah menengah atas atau sederajat. Kabupaten Tanah Datar pernah menerima penghargaan pengelola pendidikan terbaik di Sumatera Barat tiga kali berturut-turut. Gelar ini diraih pada tahun 2011, 2012 dan 2013 lalu lho.

Dari data tersebut, terbukti bahwa kabupaten Tanah Datar adalah kabupaten yang memiliki kepedulian tinggi dengan masalah pendidikan. Sederet prestasi yang luar bisa di bidang pendidikan salah satunya.

Selain itu dari data di atas kertas yang guntal.com himpun, total 986 orang siswa di Tanah Datar diterima di PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu sebanyak 444 orang berasal dari keluarga pra sejahtera yang dibantu oleh Pemda.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran pemerhati pendidikan dan orang tua siswa untuk membimbing dan mendidik anak menggapai cita-cita yang diinginkan hingga berhasil masuk ke PTN ternama di seluruh Indonesia.

Nah, bagi kamu yang baru saja menerima kelulusan dari sekolah menengah pertama dan ingin mencari sekolah terbaik menengah atas yang berada di kabupaten Tanah Datar. Berikut guntal.com akan berikan 5 bahan rujukan sekolah menengah atas ternama yang ada di kabupaten Tanah Datar.

Sekolah mana saja yang layak kamu pertimbangkan? Simak ulasan mendalam guntal.com perihal 5 sekolah menengah atas terbaik yang ada di kabupaten Tanah Datar di bawah ini.

1. SMAN 1 Batusangkar

SMAN 1 Batusangkar atau lebih dikenal dengan nama SMANSa Batusangkar. Berada di pusat kota berdampingan dengan sekolah-sekolah menengah lainnya menjadikan SMAN 1 Batusangkar sebagai sekolah terfavorit ke-2 pada tahun 2016 di provinsi Sumatera Barat.

Berlokasi tepat di jalan Sultan Alam Bagagarsyah No. 41 kecamatan Limo Kaum. Sekolah yang berdiri pada tanggal 1 Agustus 1954. Merupakan sekolah menengah tertua di kabupaten Tanah Datar.

Dilirik dari kelengkapan sarana dan prasarana yang ada pada sekolah tersebut. Menurut penulis hal ini sudah cukup mampu menggambarkan kualitas SMAN 1 Batusangkar sebagai sekolah terbaik di kabupaten Tanah Datar.

Bagi kamu yang berniat masuk ke sekolah ini, seleksi yang ketat dan penjaringan peserta didik super akan kamu temui. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mencetak lulusan yang berkompeten di bidangnya. Ini terbukti dari banyaknya lulusan dari SMAN 1 Batusangkar yang diterima diperguruan tinggi negeri diseluruh Indonesia.

Sekolah ini juga tercatat memiliki segudang prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik. Salah satu prestasi yang mengharumkan nama sekolah ini adalah paskibra. Disamping menjadi petugas penggerek bendera di setiap upacara Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2017, SMAN 1 Batusangkar juga pernah mewakili Sumatera Barat bertugas di tingkat nasional di Istana Negara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada tahun 2018-2019.

Kelebihan lain dari sekolah ini adalah informasi digital yang cukup up to date di situs resmi mereka. Beberapa akun sosmed juga terlihat aktif dan informatif. Dengan adanya situs ini, pengguna sosial media lebih mudah mencari informasi yang terkait dengan SMAN 1 Batusangkar. Apalagi pada saat pandemi, Pendaftaran Pesetra Didik Baru SMAN 1 Batusangkar dilaksananan melalaui online.

2. SMAN 3 Batusangkar

Posisi terfavorit kedua ditempati oleh SMAN 3 Batusangkar. Sekolah yang berada di atas dataran tinggi bersebelahan dengan SMPN 5 Batusangkar yang jauh dari keramaian. Beralamat di jalan Komplek Pendidikan Bukit Gombak. Dinamakan dengan jalan komplek pendidikan karena pada kompleks tersebut terdapat tiga sekolah yaitu, SMKN 2 Batusangkar, SMAN 3 Batusangkar dan SMPN 5 Batusangkar.
Mengedepankan lokasi yang indah dan asri lebih dekat dengan alam. Segala sarana dan prasarana yang ada pada sekolah itu dapat dengan bebas beraktifitas mengingat luasnya area sekolah tersebut. Jauh dari kebisingan kota yang lalu lalang melintas di jalan raya.

Dalam catatan akademis sekolah ini merupakan pesaing terberat dari SMAN 1 Batusangkar. Selain berlomba-lomba dalam bidang akademis maupun non akademis. Sekolah ini telah berhasi menciptakan lulusan terbaik dengan nilai UN di atas rata-rata setiap tahunnya.

Kelebihan yang kentara dari sekolah ini adalah situsnya yang intuitif dan snagat responsif serta ringan. Tampilan yang mewah untuk sekelas sekolah negeri cukup menggambarkan bahwa sekolah ini mulai sadar bahwa branding melalui situs itu penting.

Tapi sayangnya untuk mendapatkan informasi di dunia digital, sekolah ini tidak memuat laman website resmi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menurut hemat penulis, ada baiknya situs resmi sekolah dengan status negeri menggunakan bahasa Indonesia sesuai PUEBI apapun alasannya.

3. SMAN 2 Batusangkar

SMAN 2 Batusangkar berdiri pada tahun 1996 dan awalnya merupakan kelas jauh dari SMAN 1 Batusangkar. Gedung pertama kali yang dipakai pada waktu itu adalah gedung ex. MTs Silambik Saruaso. Pada tahun 1998, proses belajar mengajar dipindahkan penuh ke gedung yang terletak di jalan Pintu Rayo, Saruaso, kecamatan Tanjung Emas bersebelahan dengan kantor bupati.

Sekolah berakreditasi A ini dikepalai oleh seorang perempuan bernama Nursisilta, S.Pd. M.Si. Mampu mensejajarkan posisinya pada dua SMA di atas.

Berakhlak Mulia, Berprestasi dan Berbudaya Dilingkungan yang Asri” merupakan visi dari SMAN 2 Batusangkar. Melalui visi tersebut, sekolah ini berhasil mendapatkan penghargaan juara 1 lomba sekolah sehat pada tahun 2019.

SMAN 2 Batusangkar telah dilengkapi oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, hingga sarana olahraga seperti wall climbing.

Seakan tak mau kalah dengan SMAN 1 Batusangkar, sekolah ini juga mempunyai ekstakurikuler yang diunggulkan yaitu marching band. Pernah menduduki juara 1 dalam lomba kegiatan tersebut.

Kekurangan dari sekolah ini adalah sistem informasi digital yang sangat buruk, diakses melalui situs resmi mereka. Meski situs tersebut mengudara dan tampil di pencarian. Namun tampilan dan kualitas konten yang sangat terabaikan. Terbukti per akses tanggal 9 juni 2020. Situs hanya menampilkan postingan terbaru pada tahun 2017.

Selain itu situs juga kurang intuitif dan mobile friendly, banyaknya link rusak dan mengarah keluar situs. Baik itu ke situs pengembang maupun situs dengan broken link yang seabrek. Semoga kedepannya SMAN 2 Batusangkar dapat mengoptimalkan tampilan situs dan kualitas isi dan informasinya.

4. SMAN 1 Sungayang

Sekolah yang terletak di jalan Kebun Sungayang, kecamatan Sungayang didaulat menempati posisi selanjutnya versi guntal.com. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya SMAN 1 Sungayang sebagai sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi Sumatera Barat pada tahun 2019.

Dikepalai oleh Dra. Zahraine yang menyabet gelar kepala sekolah berprestasi peringkat 1 tingkat kabupaten dan peringkat 2 tingkat provinsi pada tahun 2019. Momen bahagia ini berhasil diabadikan pada laman website resmi SMANSa Sungayang.

5. SMAN 1 Sungai Tarab

SMAN 1 Sungai Tarab Posisi terakhir pilihan sekolah terbaik versi guntal.com  jatuh pada SMAN 1 Sungai Tarab. Sekolah ini mampu menyamakan 4 posisi teratas. Berlokasi di jalan Ladang Koto, Gurun kecamatan Sungai Tarab.

Lagi-lagi lingkungan sekolah ini bersahabat dengan alam menjadi keunggulan dari sekolah ini yang layak kamu pertimbangkan. Letaknya yang jauh dari pusat kota. Membuat kamu yang betah dengan suasana kenyamanan.

SMAN 1 Sungai Tarab pernah masuk dalam nominasi pada lomba pengelolaan perpustakaan terbaik tingkat nasional. Beberapa prestasi lainnya menunjukkan sekolah ini layak untuk kamu incar. Terbukti dari visi dan misi mereka yang mengarah ke pembentukan SDM unggul.

Kesimpulan

Itulah 5 rekomendasi pilihan sekolah menengah atas terbaik di kabupaten Tanah Datar. Pemilihan sekolah ini hanyalah sebagai informasi bagi kamu yang masih bingung dalam menentukan pilihan kemana harus melanjutkan pendidikan menengah atas.

Sukses tidaknya dirimu tergantung bagaimana kamu memaknai bahwa belajar dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan hasil yang baik juga dikemudian hari.

Apakah kamu sudah bisa menentukan pilihan sekolah menengah atas dan sederajat mana yang layak untuk kamu tempati? Salam sukses dan doa terbaik bagi kamu dari penulis 5 Sekolah Menengah Terbaik di Kabupeten Tanah Datar.

Afriant Ishaq

Penulis yang malas menulis. Suka menulis sesuatu yang beraroma pendidikan, remaja dan gaya hidup.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button