Pendidikan

6 Manfaat Perpustakaan Di Sekolah

Apakah kamu gemar membaca? Jika iya, perpustakaan adalah tempat ternyaman untukmu. Jangan sampai kamu tidak menggunakan fasilitas itu karena akan sangat bermanfaat untukmu. Apalagi, bila kamu merupakan orang yang gemar membaca.

Perpustakaan seringkali dilupakan oleh sebagian siswa. Padahal perpustakaan memiliki banyak manfaat untuk kamu dan siswa sekolah secara keseluruhan. Kali ini, guntal.com akan memaparkan beberapa manfaat perpustakaan bagi kehidupan bersekolah dan sehari-harimu.

6 Manfaat perpustakaan di sekolah

Tempatnya gudang ilmu

Ketika masuk ke ruang perpustakaan, sepasang mata tertuju pada rak buku. Buku-buku itu tersusun rapi sesuai dengan katalog bukunya. Beragam jenis buku ada di sana. Mulai dari buku pelajaran hingga buku-buku fiksi.

Pengunjung yang bertamu ke perpustakaan sekolah dapat membaca beragam jenis koleksi buku. Kamu bisa mempelajari banyak hal dengan membaca buku-buku yang ada di perpustakaan.

Tentunya yang datang ke sana juga gemar membaca buku. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan. Pastinya, ketika kamu sering membaca, maka pengetahuan kamu pun akan lebih banyak dibandingkan teman-temanmu.

Di perpustakaan, ada koleksi buku lama yang menyimpan pengetahuan masa lalu. Kamu bisa mempelajari peristiwa bersejarah tersebut. Karena, dengan mempelajarinya kamu akan tahu perjuangan bangsa Indonesia.

Sudah menjadi kebutuhan, jika perpustakaan sebagai gudang ilmu. Banyaknya buku-buku dari berbagai bidang ilmu.

Tempat belajar kelompok

Tugas yang diberikan oleh gurumu, bisa kamu lakukan di perpustakaan. Selain menyediakan berbagai macam jenis buku, perpustakaan menyediakan meja-meja belajar untuk menjadi tempat membaca. Meja-meja itu bisa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas atau melakukan belajar kelompok bersama teman-temanmu.

Tapi ingat, diperpustakaan tidak boleh berisik. Bila tidak, kamu akan ditegur oleh penjaga perpustakaan. Ada aturan yang harus kamu patuhi. Suasanya yang hening dan tenang akan sangat membantu kamu dan teman-temanmu ketika belajar kelompok.

Dengan situasi yang tenang, kamu dan teman-temanmu bisa lebih fokus belajar kelompok. Ketika diperlukan diskusi, hal yang harus diingat ialah kamu harus melakukannya dengan lebih tenang.

Jika ingin mencari buku yang tepat, kamu harus mengetahui nama bukunya terdahulu setelah itu, mencarinya di katalog buku perpustakaan.

Perpustakaan akan menjadi tempat yang kamu tuju untuk mencari sumber referensi. Serta menjadikan belajar menyenangkan

Tempat ternyaman mengerjakan tugas

Ada 2 hal yang harus kamu patuhi jika berada diperpustakaan sehingga, kamu merasa nyaman berada di sana.

Pertama, jangan sampai kamu berisik sehingga mengganggu temanmu.
Kedua, tidak boleh membawa makanan ke perpustakaan. Karena akan meninggalkan bekas noda di lembar buku tersebut.

Dengan mematuhi aturan tersebut, tentunya akan membantu kamu berkonsenterasi untuk mengerjakan tugas. Kamu akan lebih fokus dan tugas akan lebih ringan dikerjakan.

Tempat hukuman bagi siswa yang tidak mengerjakan PR

Ada sebagian guru mengalihkan hukuman bagi siswa yang tidak membuat tugas rumah ke perpustakaan. Siswa tersebut diberikan arahan untuk mengerjakan tugasnya ke perpustakaan.

Di perpustakaan, siswa yang diberi hukuman tadi mencari bahan atau materi tugas. Setelah tugas itu selesai dikerjakan, ditunjukkan pada guru yang bersangkutan.

Ini merupakan salah satu strategi yang diberikan kepada siswa, jika ada yang tidak mengerjakan tugas rumah. Sekaligus pelajaran bagi siswa yang tidak membuat PR.

Koleksi buku fiksi

Buat kamu pecinta buku fiksi, perpustakaan akan sangat memanjakanmu. Sebab, di perpustakaan pasti menyediakan satu bagian atau rak tertentu yang berisikan buku fiksi.

Kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk membaca seluruh buku fiksi terutama cerpen. Hal itu tentunya akan membuatmu betah dan mengetahui berbagai jenis cerita yang mungkin belum pernah kamu baca.

Biasanya buku-buku itu tersusun dalam rak kategori sastra. Mungkin sebagian perpustakaan yang ada di sekolah akan memilah buku-buku dengan genre sastra yang berberbeda. Karena keterbatasan buku, sebagian perpustakaan menggabungkan jenis-jenis buku fiksi tersebut dalam satu rak.

Koleksi buku fiksi ini juga bertujuan agar siswa gemar membaca. Membudayakan aktif membaca. Maka dibuatlah ruangan pojok literasi.

Tempat menuangkan ide kreatif

Berbagai buku di perpustakaan bisa kamu jadikan sumber ide kreatifmu. Bahkan, informasi terkecil sekalipun dari buku-buku itu tentunya dapat membantumu mengemas ide kreatifmu dalam sebuah karya.

Apalagi bagi kamu yang suka menulis. Perpustakaan cukup membantumu mencari ide-ide kreatif. Dengan membaca buku kemudian menuangkannya dalam sebuah tulisan.

Jika kamu bercita-cita sebagai penulis, perpustakaan akan menjadi tempat yang tepat untukmu membingkai ide-ide kreatifmu. Dengan begitu, kamu dapat menciptakan tulisan terbaikmu yang akan menjadi karya tulis.

Kesimpulan

Inilah 6 manfaat perpustakaan yang bisa kamu rasakan. Apalagi buat kamu yang gemar membaca dan suka menulis. Perpustakaan adalah tempat ternyaman merangkai sebuah ide, menambah ilmu pengetahuan dan sebagai sumber belajar. Bagaimana dengan perpustakaan di sekolahmu? Apakah kamu bisa merasakan manfaatnya?

Fide Baraguma

Ibu dua jagoan yang hobi menulis dan suka menulis banyak hal sekaligus founder baraguma.com.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button