Pendidikan

6 Rekomendasi Sekolah Favorit Tingkat Atas Di Dharmasraya

6 Rekomendasi Sekolah Favorit Tingkat Atas Di Dharmasraya – Kamu sudah lulus kan? Ya, kamu yang baru saja menerima kelulusan di SMP/MTs.

Sekolah tingkat menengah di kabupaten Dharmasraya baru saja mengumumkan kelulusan siswanya. Kelulusan itu diumumkan lewat WAG masing-masing wali kelas. Siswa tinggal menunggu kabar yang dikirim melalui chat WAG. Mengingat situasi covid-19 yang masih mewabah.

Tidak ada ujian nasional, tidak ada pesta perpisahan dan tidak ada lagi coret-coretan. Impian mereka sirna sudah. Ya, virus corona sudah mengubah segalanya. Segala kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah yang kini hampir memasuki tiga bulan. Semoga saja, penyakit di dunia ini cepat teratasi karena mereka sudah rindu untuk kembali ke sekolah.

Salah satu cara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada masa pandemi ini adalah dengan mendaftar online. Ada sebagian sekolah yang sudah curi star duluan dalam menerima peserta didik baru. Sekolah-sekolah itu mempunyai strateginya masing-masing dalam menyeleksi peserta didik baru. Mulai dari memperkenalkan visi dan misi sekolah, keunggulan sekolah, sarana dan prasarana, hingga prestasi yang sudah diraih.

Tak dapat dipungkiri promosi sekolah itu datang secara langsung ke sekolah sasaran yang mereka tuju. Oleh sebab itu, masing-masing sekolah berlomba-lomba untuk memperkenalkan sekolahnya, baik yang berada di luar maupun dalam daerah. Tinggal bagaimana tanggapan siswa terhadap sekolah yang dipromosikan tersebut.

Apakah sudah ada rencana mau nyambung kemana?

Apakah kamu ingin bersekolah di luar atau cukup di daerahmu saja?

Atau masih bingung dengan sekolah pilihanmu?

Berikut adalah daftar sekolah pilihan menengah atas atau sederajatnya di kabupaten Dharmasraya. Simak ulasannya berikut ini!

1. SMA Unggul Dharmasraya

Sekolah pertama yang berbasis boarding schooll (sekolah berasrama). Terletak di jalan Lintas Sumatera Km.18 Nagari Koto Padang, kecamatan Koto Baru. Sekolah yang mempunyai asrama laki-laki dan perempuan yang berada pada lingkungan SMA tersebut. Sekolah yang masih terbilang baru yang didirikan pada tahun 2014. Menggunakan kurikulum K-13 dan berakreditasi B. Sekolah ini mempunyai keunggulan di bidang tahfiz, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

Bagi kamu yang ingin mandiri terpisah dari orang tua dan masih berada dalam daerah tempat tinggalmu, SMA Unggul Dharmasraya inilah solusinya.

2. SMAN 1 Sitiung

Keberadaan SMA Negeri 1 Sitiung sebagai SMA tertua di Kabupaten Dharmasraya. Kematangannya dalam mencetak lulusan yang berkualitas, beberapa pejabat teras di Kabupaten Dharmasraya pernah mengenyam pendidikan di sekolah yang beralamat di Koto Agung, Sitiung.

Prestasi itu terus berlanjut hingga sekarang, hampir setiap tahun SMA tersebut mengorbitkan duta kabupaten Dharmasraya dan Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti berbagai ajang di tingkat Nasional. Tidak hanya prestasi dibidang akademik, SMA N 1 Sitiung juga berotensi pada bidang olahraga terutama bola basket kesenian dan karya tulis.

Nah, bagi kamu yang berada tinggal di daerah Blok B, Sitiung 1 kecamatan Sitiung, tidak ada salahnya mendaftarkan diri pada salah satu sekolah berprestasi ini.

3. SMAN 2 Pulau Punjung

Sekolah yang terakreditasi A ini terletak di pusat kota kabupaten Dharmasraya tepatnya di tambulun Nagari IV koto, kecamatan pulau Punjung. Baru-baru ini sempat viral pasalnya keaktifan serta jiwa sosial yang tinggi dari murid-muridnya membantu masyarakat yang membutuhkan akibat terdampak pandemi covid-19.

Lokasi sekolah ini stategis yaitu berada pada pusat kota Pulau Punjung. Demi melakukan pembaharuan pada keindahan sekolah, maka dibuatlah taman tempat duduk siswa yang terletak dipekarangan sekolah dengan cat hijau merah yang menyejukkan mata.

4. SMKN 1 Koto Baru

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada SMKN 1 Koto Baru. Sekolah ini merupakan sekolah menengah kejuruan pertama yang ada di kabupaten Dharmasraya. Berada pada jalan Pinang Gadang Koto Padang, Kecamatan Koto Baru. Awalnya sekolah ini merupakan Sekolah Kejuruan Keterampilan (SKK) yang ditujukan kepada pemuda yang putus sekolah. Kemudian berubah menjadi Sekolah Menengah Tinggi (SMT) Pertanian yang kini dikukuhkan menjadi SMK N 1 Koto Baru.

Adapun jurusan yang terdapat di sekolah ini adalah agribisnis tanaman, agribisnis ternak, teknik otomotif, teknik komputer dan informatika. Dilengkapi kegiatan akademik seperti ketarunan dan penerimaan beasiswa. Lulusan dari SMK N 1 ini sudah berkerja pada perusahaan terbesar di Jakarta dan mengisi jabatan pegawai pada perusahaan tersebut.

Kamu siap untuk terjun kelapangan setelah tamat SMK? Jika siap, di sinilah tantangannya.

5. SMAN 1 Koto Baru

Bidang Imtaq dan kewirausahaan yang dikemas dalam bentuk penguatan dana karakter lulusan yang berkualitas dan mandiri. Itulah visi yang terdapat pada SMAN1 Koto Baru. Sekolah ini terletak di jalan Ampalu, kecamatan. Koto Baru. Memiliki program unggulan seperti; Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Olah Raga Siswa Nasioanl (KOSN), dan Festifal dan Lomba Seni Siwa Nasinal (FLS2N).

Sekolah ini memiliki dua pilihan pengembangan diri yaitu pengembangan diri berbasis sekolah dan berbasis pilihan. Pengembangan diri berbasis sekolah diantaranya; pramuka, kewirausahaan dan forum Annisa. Sedangkan pengembangan diri bebasis pilhan seperti; PKS, Rohis, UKS, PMR, voli, basket, futsal, seni tari dan musik, tata boga, kriya, desain poster dan film, teater dan puisi. Lulusan SMAN 1 Koto Baru ini sering masuk pada daftar nama seleksi penerimaan mahasiswa baru yang bergengsi di Kota Padang.

SMAN 1 ini merupakan sekolah menengah atas terfavorit di Koto Baru. Lulusan SMP/MTs yang berada di Koto Baru banyak yang minat masuk sekolah tersebut.

6. MAN Koto Baru Dharmasraya

MAN Dharmasraya satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Ranah Cati Nan Tigo. Keberadaan MAN Dharmasraya menjadi MAN favorit di kabupaten pemekaran ini dengan segudang prestasi baik tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional. Beralamat di jalan Lintas Sumatera KM 1 Koto Baru, kecamatan Koto Baru yang jauh dari keramaian. Lingkungannya yang asri dan nyaman membuat para pelajar betah berlama-lama di madrasah ini.

Lulusan MTs yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, di sinilah tempatnya. Mengasah ilmu keagamaannya yang dimiliki untuk terampil berakhlak mulia. Kegiatan ekstra kurikuler yang dimiliki adalah muhadharah, qasidah, nasyid, tari, seni karya, seni musik, bahsa Arab dan bahsa Inggris.

Sebagai Madrasah Aliyah satu-satunya di Dharmasraya, lulusan terbaiknya diterima di salah satu STAIN di Sumatera Barat.

Sudah jelaskan informasinya. Bagaimana, sudah ada keputusan kamu mau masuk sekolah favorit yang mana? Apapun sekolah yang kamu pilih, tentu belajar dengan giat adalah kunci suksesmu dimasa yang akan datang.

Afriant Ishaq

Penulis yang malas menulis. Suka menulis sesuatu yang beraroma pendidikan, remaja dan gaya hidup.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button