Pendidikan

8 Tipe Siswa Saat Hari Pertama Masuk Sekolah

Masa libur telah usai. Saatnya kamu mempersiapkan diri untuk melanjutkan kembali aktivitas di sekolah. Meski pasca pandemi, pemerintah telah memperbolehkan daerah zona hijau untuk memulai sekolah dengan tatap muka menyanggupi syarat mengikuti protokoler kesehatan.

Kerinduanmu ingin kembali ke sekolah, bertemu dengan para sahabat dan guru sudah tercium jelas. Mengingat masa pandemi yang pelik ini.

Hari pertama masuk sekolah adalah ritual yang penuh dengan drama bagi pelajar. Bagaimana tidak, perasaan yang campur aduk setiap kali masuk sekolah setelah libur semester atau kenaikan kelas.

Nah, di hari pertama ini kamu akan ketemu dengan berbagai tipe siswa yang siap menemani hari awalmu di sekolah. Kamu termasuk tipe yang mana? Yuk, intip ulasannya!

Tipe siswa energi

Tipe siswa yang satu ini selalu ditunggu kehadirannya. Kedatangannya ke sekolah membuat semangat baru bagi teman-temannya. Sifatnya yang aktif, vokal dan suka berada di tengah keramaian, itulah si energi.

Ciri khas tipe siswa ini berada pada vokalnya. Mendengar suaranya saja, pasti kamu sudah bisa menebak. Jika tidak ada dia, seisi kelas jagi nggak rame.

Motivasi pertama si energi ke sekolah bertemu teman lama ataupun baru. Bahkan, si energi sudah mempersiapkan dirinya dari pagi buta untuk bercengkrama dengan karibnya.

Tipe siswa pendongeng

Layaknya seorang pendongeng. Tipe ini adalah pencerita handal di kelas. Ia dapat menciptakan situasi dan mengajak kawannya berdiskusi tentang cerita liburan yang telah dilalui.

Tak jarang tipe ini membentuk suatu geng yang sifatnya sama dengannya. Duduk di pojok belakang dengan bangku berdekatan. Bahkan saat guru menjelaskan pelajaran si tukang cerita ini masih saja melanjutkan ceritanya dan membuyarkan konsentasi belajar.

Tipe siswa serba baru

Ada-ada saja yang membuat harimu penuh warna saat hari pertama di sekolah. Ya, si serba baru namanya. Mengganti gaya penampilan ke sekolah agar terlihat nyentrik di depan teman-temannya.

Ada yang mengubah potongan rambut dengan model yang lagi viral.  Mengganti penampilannya dengan memakai barang-barang baru, seperti seragam, tas dan sepatu. Bahkan, ada yang pipinya makin tembem karena kerjaannya ngemil terus selama libur.

Hal ini menjadi bahan candaan teman-temanmu di kelas yang menggoda tampilan barunya itu. Apakah kamu termasuk tipe ini?

Tipe siswa sungkeman

Sungkeman adalah kebiasaan tipe siswa ini memulai harinya di sekolah. Ia akan menyapa dan menyalami temannya satu persatu yang sudah lama tidak bertemu.

Tipe sungkeman ini selalu care pada teman- temannya. Tak hanya teman, pada guru ia pun begitu. Kamu akan mendapati tipe ini menyalami tiap guru yang berpapasan dengannya. Bahkan, ia akan menemui gurunya di ruang guru.

Tipe siswa super niat

Siswa yang udah nggak sabar menunggu datangnya tahun pelajaran baru di sekolah adalah si super niat. Ia rela mempersiapkan dirinya jauh-jauh hari.

Mulai dari perlengkapan seragam sekolah, peralatan sekolah dengan isi tas yang serba ada hingga siap menimba ilmu dari sang guru. Tak ayal, si super niat ini datang lebih awal dan memilih bangku paling depan.

Tipe siswa dermawan

Siapa di kelasnya yang suka bagi-bagiin oleh-oleh? Ya, Itulah si dermawan. Di hari pertama masuk sekolah, ia akan dikerumuni oleh teman-temanya bak layaknya seorang primadona.

Isi tas sekolahnya dipenuhi oleh berbagai macam bentuk buah tangan. Ada yang baru pulang dari kampung dan yang usai pergi berlibur. Pasti menyenangkan dapat oleh-oleh bukan?

Si dermawan juga menyediakan oleh-oleh untuk gurunya. Ia akan datang secara diam-diam ke kantor untuk memberikan kado kecil pada guru kesayangannya.

Tipe siswa tukang telat

Maaf buk, saya terlambat.” Itulah kalimat pertama yang diucapkan oleh si tukang telat. Karena sifatnya yang masih terbawa oleh suasana libur yang panjang membuat tipe ini lelet dan malas bangun pagi.

Berbagai alasan dikemukakan oleh siswa yang satu ini. Ia mendapat sanksi dari guru piket untuk hormat pada bendera di lapangan, memungut sampah bahkan membersihkan toilet sekolah.

Bermalas-malasan ini penyebab siswa telat datang ke sekolah. Jangan sampai kamu masuk dalam daftar buku kasus siswa di hari pertama masuk sekolah ya!

Tipe siswa tukang libur

Saat siswa telah aktif datang ke sekolah, si tipe ini masih saja santai menikmati libur yang diperpanjang. Entah itu masih berada di kampung halaman atau ngekor ikut dengan orangtua berlibur ke luar kota.

Keberadaan siswa ini tidak kelihatan di awal sekolah. Ia melewati masa-masa seru saat hati pertama sekolah tiba. Hasilnya siswa ini ketinggalan pelajaran dan duduk pada kursi paling belakang. Jangan ditiru ya!

Kesimpulan

Itulah 8 tipe siswa saat hari pertama masuk sekolah. Kamu masuk tipe yang mana? Nah, apapun tipe kamu, prioritaskan belajar untuk meraih cita-cita gemilang ya.

Fide Baraguma

Ibu dua jagoan yang hobi menulis dan suka menulis banyak hal sekaligus founder baraguma.com.

Related Articles

2 Comments

  1. Kalau saya tipe siswa super niat
    Karena walau pun libur tetap giat belajar
    Dan pengan sekali belajar seperti sedia kala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button