Pendidikan

8 Tips Menjawab Soal Ujian Online

Story Highlights
  • Mulailah membaca kembali materi yang telah kamu cacat. Bacalah materi atau inti sari materi yang mungkin muncul pada ujian nanti. Sebenarnya ujian di rumah tanpa dipantau oleh guru akan lebih mudah dilakukan. Kamu bisa saja melihat catatanmu bukan?

Dunia pendidikan masih disibukkan dengan pembelajaran daring. Karena pandemi ini  akan terus menjadi raja di bidang pendidikan. Belajar daring dan ujiannya pun dalam jaringan.

Ada sebagian daerah yang sudah memperbolehkan untuk melaksanakan tatap muka jika daerah tersebut terdaftar pada zona hijau. Dan bagi yang bertengger di zona merah dan oranye masih menunggu dan bersabar.

Pada bulan ini, beberapa sekolah sudah melaksanakan penilaian harian buat siswanya. Kemampuan siswa diuji lewat ulangan harian bahkan ujian semester. Apakah siswa tersebut telah menguasai materi yang diberikan lewat pembelajaran daring.

Biasanya format yang digunakan untuk ujian daring ini adalah melalui google formulir. Guru mempersiapkan soal ujian yang akan dijawab oleh anak didiknya.

Ada soal berupa pilihan ganda saja atau pilihan ganda ditambah dengan soal isian. Itu tergantung dari versi gurunya masing-masing.

Bagi kamu yang akan mengikuti ujian daring, ada beberapa tips yang akan guntal.com. paparkan kali ini.

Apa itu tipsnya, simak ulasannya sampai habis ya!

8 Tips Menjawab Soal Ujian Online

Persiapkanlah diri kamu lebih awal

Setelah gurumu memberikan informasi akan dilakukannya ulangan harian, maka persiapkanlah dirimu untuk belajar sesuai dengan materi yang diujikan.

Ya, hanya dengan membaca dan memahami materi. Kamu tidak perlu repot-repot mempersiapkan alat tulis seperti abo, pensil atau pena karena ini adalah ujian daring. Hanya butuh ilmu dan jarimu saja untuk mengetikkan jawaban yang benar.

Mulailah membaca kembali materi yang telah kamu cacat. Bacalah materi atau inti sari materi yang mungkin muncul pada ujian nanti. Sebenarnya ujian di rumah tanpa dipantau oleh guru akan lebih mudah dilakukan. Kamu bisa saja melihat catatanmu bukan?

Ingat, ini ujian jadi tidak boleh curang ya dengan melihat catatan pada ujian berlangsung nanti.

Bersikap untuk tenang dan percaya diri

Jika ujian akan dimulai, cobalah untuk bersikap tenang dan percaya diri. Tunjukkan jika kamu siap ujian dan dapat mengerjakannya dengan baik.

Berdoa sebelum ujian

Jika kamu sudah siap untuk ujian, mintalah pertolongan pada Allah agar diberi kelancaran dalam mengerjakan soal ujian. Dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kerjakan soal yang kamu anggap mudah

Sebenarnya kamu tidak perlu menjawab soal berurut mulai dari nomor 1, 2, 3 dan seterusnya. Jawablah soal yang menurutmu mudah dengan membaca sekilas. Ini merupakan strategi dalam menjawab soal ujian.

Jika kamu mengerjakan soal berurut, terus ketemu dengan soal yang tidak bisa kamu jawab, bisa jadi untuk soal selanjutnya kamu akan panik. Jadi mulailah dengan menjawab soal yang paling mudah ya.

Jangan terpaku pada satu soal

Segera tinggalkan soal yang tidak kamu kuasai. Jangan terpaku pada soal yang buatmu rumit. Ingat masih ada soal-soal lainnya yang menunggu untuk dikerjakan.

Baca dan simpanlah pertanyaannya

Seperti mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat teks yang panjang. Cara terbaik yang kamu lakukan adalah dengan membaca pertanyaannya terlebih dahulu kemudian simpanlah pertanyaan itu pada memorimu dan hubungkanlah pertanyaan dengan teks yang kamu baca. Dengan begitu kamu telah dapat menjawab soal pada teks yang panjang itu.

Tulislah jawaban dengan singkat

Pada soal uraian, jawablah pertanyaan dengan singkat dan tepat. Pikirkanlah jawabannya terlebih dahulu sebelum kamu mengetikkan pada halaman jawaban.

Periksalah jawabanmu kembali

Sebelum jawabanmu dikirim, pastikan semua soal telah tuntas dijawab. Periksalah kembali jawabanmu. Baca ulanglah jawaban yang telah kamu buat dan perhatikanlah ejaannya jika itu adalah soal uraian.

Itulah 8 tips yang mesti kamu persiapkan dalam menjawab soal ujian online. Semoga dengan rangkaian tips tersebut kamu akan mendapatkan nilai sesuai harapan. Semoga bermanfaat dan selamat ujian ya…!😊

Fide Baraguma

Ibu dua jagoan yang hobi menulis dan suka menulis banyak hal sekaligus founder baraguma.com.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button