Pendidikan

9 Hal yang Mesti Kamu Siapkan Saat Belajar Daring

Dunia pendidikan kembali disibukkan dengan sistem belajar daring. Setiap sekolah/madrasah menentukan pembelajaran yang efisien untuk diberikan kepada siswa di rumah.

Guru menyiapkan materi pembelajaran yang akan dibagikan melalui berbagai macam aplikasi. Memilih aplikasi yang tepat dan layak digunakan oleh peserta didik.

Nah, bagi kamu yang baru masuk masa perkenalan di sekolahmu yang baru dan bagi yang sudah naik tingkat kelasnya, ada hal yang harus kamu siapkan untuk belajar online.

Agar pembelajaran jarak jauh kamu lebih efisien, maka ada hal-hal yang mesti dipersiapkan. Berikut Guntal.com akan merangkumnya.

Cari tahu sumber informasi

Sebagai siswa yang aktif, kamu dituntut untuk mencari tahu kapan pembelajaran daring akan dimulai. Kamu bisa bertanya pada wali kelasmu ataupun pada guru mata pelajaran.

Jangan sampai kamu tidak bergabung pada grup whatApps kelas sehingga melewatkan informasi penting yang disampaikan oleh wali kelasmu.

Memperkenalkan diri

Jika kamu siswa baru dan belum kenal dengan gurumu, tak ada salahnya memperkenalkan dirimu terlebih dahulu di WAG kelas. Gurumu pasti akan melayaninya dengan senang hati agar proses belajar daring ini berjalan dengan lancar.

Disamping itu, gurumu tidak akan kerepotan dan dan bertanya-tanya seandainya saja ada siswa yang salah masuk pada grup kelas yang telah dibentuk.

Catat jadwal pelajarannya

Setelah kamu mengetahui kapan pembelajaran daring akan dimulai, langkah kedua adalah mencatat jadwal pelajaran selama daring.

Kamu harus tahu pelajaran apa saja yang dilakukan di rumah pada hari itu. Ada berapa mata pelajaran yang akan kamu jalani dalam satu hari. Pelajarannya dimulai dari jam berapa dan berakhir sampai jam berapa.

Itu semua harus kamu cacat pada buku dan ditempel didinding meja belajarmu sehingga tidak ada pelajaran yang terlewatkan. Pada jadwal juga dicantumkan dengan siapa kamu belajar pada hari itu.

Pahami tata cara belajar

Sebelum kamu memulai belajar daring, tak ada salahnya kamu bertanya pada gurumu tentang tata cara belajar daring.  Yang mana nantinya gurumu akan memberitahu juga kapan waktunya tiba.

Kamu bisa bertanya tentang proses pembelarannya. Mulai dari aplikasi yang digunakan, dimana tugas itu dikerjakan dan kapan pengumpulan tugas itu diserahkan.

Dan apabila terkendala dengan ponsel, kapan batas tugas itu diserahkan.

Jawaban dari pertanyaanmu ini akan memudahkan kamu untuk belajar secara online di rumah. Kamu tidak kesulitan lagi tentang proses belajar daring ini.

Siapkan alat penunjang

Menyiapkan alat penunjuang seperti kebutuhan peralatan menulis, buku catatan, buku pelajaran hingga paket kuota internet.

Peralatan tersebut harus kamu siapkan jauh-jauh hari agar proses belajar di rumah tidak terganggu dan menyenangkan.

Pilih tempat belajar

Setiap orang mengiginkan belajar yang nyaman tidak ada yang mengganggu. Apalagi di saat pandemi ini banyak cobaan dan rintangan yang menghadang.

Oleh sebab itu, pilihlah spot ternyamanmu saat kamu mengerjakan tugas. Kamu dapat berkonsentrasi penuh dengan tugas yang diberikan. Suasana belajar juga menentukan lancar tidaknya belajar di rumah.

Mintalah orangtua mendampingimu

Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam pembelajaran ini. Orangtua menjadi pengganti guru saat belajar online.

Mintalah orangtua untuk mendampingimu belajar jika ada pelajaran yang tidak dimengerti. Sedikit banyaknya orangtuamu bisa membantumu mengerjakan tugas itu.

Jangan terlena pada gawaimu

Pembelajaran online mengharuskan semua siswa mempunyai ponsel. Hal ini tak serta merta menjadi permasalahan terbesar dalam proses belajar daring.

Ditambah dengan aktivitas yang seharian digunakan untuk melihat gawai. Kamu harus bisa mengendalikan dirimu untuk serius belajar. Bukan malah main game atau menonton video di youtube yang akan menguras kuota.

Ketika kuotamu sudah habis, kamu akan merengek pada orangtuamu yang sudah susah payah mencari cara agar anaknya bisa belajar. Jangan kamu tiru sikap ini ya. Pergunakanlah gawaimu untuk hal yang bermanfaat.

Patuhi aturan

Jika kamu mematuhi segala peraturan yang dibuat oleh gurumu sewaktu belajar daring, kamu akan merasakan mudahnya belajar daring.

Milsalnya mengerjakan tugas tepat waktu dan tidak menumpuk tugas yang telah diberikan. Jangan kamu anggap sepele peraturan yang telah disepakati yang akan merugikan dirimu.

Kesimpulan

Belajar daring adalah salah satu solusi yang disepakati bersama dalam proses pembelajaran saat mengahadapi new normal ini. Ada 9 hal yang harus kamu siapkan untuk belajar daring.

Apapun itu bentuk aplikasinya, semoga kamu dapat mempersiapkan diri menghadapi pembelajaran daring ini. Dan jangan lupa untuk tetap semangat hingga nantinya bisa bertatap muka bersama guru dan kawan tercinta. Salam semangat belajar dari Guntal.com untukmu.

Fide Baraguma

Ibu dua jagoan yang hobi menulis dan suka menulis banyak hal sekaligus founder baraguma.com.

Related Articles

5 Comments

  1. Siswa generasi covid, Rata-rata gak gaptek. Soalnya kalau gaptek bisa2 gak bisa ngikuti pelajaran malah fatal deh akademiknya, nilai bisa jeblok. Kemudian, anak2 tidak belajar menghafal, entah daya ingatnya akan terasah apa tidak ya. Soalnya kalau ujian daring, pasti ya pada ngepek (nyontek), gak online saja nyontek apa lagi online.
    Semoga corona lekas selesai spy belajar bisa normal kembali., bukan new normal.

  2. belajar daring memang sesuatu banget ya kak. pengalaman baru bukan hanya bagi siswa tapi bagi ortu juga nih.semoga lancar aja semuanya

    1. Iya Kak. Cukup ribet sih. Tapi belajar daring adalah salah satu cara efektif untuk tetap mengokohkan pendidikan di Indonesia saat pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button