Pendidikan

5 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Libur Usai

Libur telah hampir usai? Ya, itu artinya kamu akan kembali dengan kegiatan rutin yaitu belajar di sekolah. Kembali menimba ilmu di kelas dan kembali bercengkrama dengan teman atau sahabatmu di sekolah.

Bicara soal rindu, tentunya kamu sudah sangat rindu dengan berbagai tipe guru yang mengajar di kelasmu. Meski, kadang ada yang membuatmu jengkel. Tapi ingat, apapun yang terjadi. Yakinlah itu yang terbaik buat kamu.

Sebelum menikmati sisa-sisa liburan akibat pandemi. Ada baiknya kamu perhatikan segala sesuatu yang akan kamu butuhkan nanti. Saat semua kegiatan sekolah sudah dimulai dengan seperti biasanya.

Apa saja yang harus kamu siapkan agar kegiatan diawal sekolah tidak berantakan? Berikut ulasan ringan untukmu. Agar lebih siap hadapi awal sekolah disaat status pandemi masih mengambang.

Siapkan alat tulis dari sekarang

Alat tulis merupakan properti penting dalam kegiatan belajarmu di sekolah kedepannya. Hal ini adalah kegiatan yang tidak akan mungkin kamu kesampingkan sama sekali. Apalagi, jika kegiatan belajar di sekolah sudah dimulai pekan depan.

Buku dan alat tulis lengkap adalah amunisi pentingmu dalam meraih sukses di sekolah bahkan untuk masa depanmu kelak.

Jadi, jangan lupa untuk siapkan alat tulismu dari sekarang sebelum awal sekolahmu dimulai. Agar kamu siap dengan awal sekolah nan masih dalam bayang-bayang pandemi.

Jangan lupa cek seragammu

Libur yang sangat panjang dan lebih dari 3 bulan tentu akan membawa perubahan signifikan kepadamu. Sebut saja tinggimu yang bertambah atau lebarmu yang mulai makan tempat.

Bisa saja, seragammu akan kekecilan dan mulai tidak bisa kamu gunakan dalam waktu dekat. Daripada penampilanmu tidak enak dipandang. Ada baiknya kamu cek seragammu yang beberapa bulan ini berhibernasi.

Apakah seragammu masih layak atau muat untuk dipakai? Jangan terlalu memaksakan untuk menggantinya dengan yang baru. Jika seragammu itu masih layak digunakan.

Cek sepatu dan aksesoris seragam lainnya

Kurang lebih sama dengan seragam di atas. Kamu seharusnya tidak melewatkan untuk cek sepatu, terutama bagian dalamnya.

Hati-hati saat melakukan pengecekan. Bisa saja, serangga nakal atau hewan berbisa bermain-main di sepatumu.

Jangan lupa untuk cek dasi, topi, ikat pinggang dan aksesoris lainnya. Apakah masih nangkring di tempatnya atau sudah pada jalan-jalan tidak tahu rimbanya.

Soal cek dan cek jangan sampai lupa dilakukan. Bila hal ini kamu abaikan. Bisa jadi, kejadian tidak diinginkan justru menimpamu di hari pertama masuk sekolah.

Cek jadwal masuk dan administrasi sekolah lainnya

Silakan untuk berkonsultasi dengan guru tata usaha atau guru yang kamu kenal. Bisa mendatangi langsung, via telpon atau obrolan melalui aplikasi.

Tapi ingat, tetap gunakan bahasa yang santun saat memulai obrolan dan menanyakan sesuatu kepada gurumu. Jangan lupa untuk menggunakan salam dan kata sapaan yang tepat dalam memulai obrolan dengan mereka.

Juga jangan lupa cek administrasimu di sekolah. Apakah ada prosedur daftar ulang atau tidak? Apakah administrasi berupa iuran bulanan atau biaya lainnya sudah terpenuhi?

Ini juga penting, kelancaran administrasi juga memudahkan guru tata usaha dalam mengatur dan melakukan validasi data siswa. Semisal untuk pembagian kelas atau rombel dan lain sebagainya.

Siapkan masker dan patuhi protokol kesehatan

Ini penting untuk kamu lakukan. Meski sudah memasuki tahap kehidupan baru atau new normal. Kamu tetap harus patuhi protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah.

Paling tidak dan minimalnya gunakan masker saat kamu ke sekolah. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya, agar kegiatan sekolahmu berlangsung lancar tanpa hambatan.

Kesimpulan

Ayok, tetap jaga semangatmu di awal pertama memulai kegiatan di sekolah. Jangan sampai libur kelamaan membuatmu kocar-kacir dan tidak semangat. Kamu sudah rindu suasana di sekolah bukan?

Semoga kegiatanmu di sekolah lancar tanpa hambatan yang berarti. Sehat selalu dan sukses untuk kamu dari guntal.com.

Afriant Ishaq

Penulis yang malas menulis. Suka menulis sesuatu yang beraroma pendidikan, remaja dan gaya hidup.

Related Articles

Back to top button