Pendidikan

Ini Dia, Tips Memilih Sekolah Setelah Lulus SMP/MTs

Ujian akhir sekolah menengah baru saja usai. Setelah menamatkan lulus SMP/MTs kamu mau kemana? Itulah pertanyaan yang sering muncul. Banyak sekolah-sekolah menengah atas yang datang ke sekolah-sekolah menengah pertama untuk mempromosikan sekolahnya. Saat inilah si anak mulai berpikir ingin melanjutkan kemana.

Sebagai orangtua, mencarikan anak sekolah lanjutan setelah lulus SMP bukan persoalan gampang. Jika nilai anak kita bagus, sehingga bisa masuk seleksi di sekolah manapun asal sesuai zona.

Bukan perkara mencarikan sekolah lanjutan, tetapi tergantung pada kondisi nilai anak. Hal yang lebih penting lagi adalah pertimbangan jauh ke depan, mau kemana setelah si anak besok lulus. Bahkan, jika anak mempunyai prestasi di SMP/MTs, bisa melanjutkan melalui jalur prestasi.

Tanyakan kepada anak, apakah dia mau melanjutkan ke sekolah SMA, SMK, MAN? Jangan karena anak ikut-ikutan dengan teman-temannya ingin melanjutkan ke sekolah yang belum paham betul tetek bengeknya. Dan dikemudian hari merengek kepada orangtua untuk pindah ke sekolah lain.

Atau kita sebagai orangtua yang mengharuskan anak mengikuti keinginan kita. Kemudian, si anak tidak cocok dengan lingkungan sekolah tersebut dan kembali lagi mencari sekolah yang dia inginkan.

Saat anak duduk di bangku SMP/MTs anak berada pada masa transisi dari anak-anak ke dunia remaja. Jadi sudah bukan zamannya lagi penentuan jenis sekolah lanjutan ini didominasi orangtua.

Oleh sebab itu, tanyakan kembali kepada anak ke jenjang sekolah mana yang mereka inginkan dan nantinya mereka berhasil meraih prestasi.

Mau Masuk SMA, SMK, atau MAN?

Jika si anak melanjutkan ke jenjang SMA, maka mata pelajaran ilmiah yang didapatkan merupakan lanjutan dari mata pelajaran sekolah menengah pertama. Untuk SMK menjurus kepada jurusan-jurusan tertentu. Sedangkan MAN merupakan lanjutan saat siswa berada di madrasah tsanawiyah.

Berikut guntal.com akan memaparkan tips memilih sekolah setelah lulus SMP/MTs.

Perhatikan Status Sekolahnya

Melihat status sekolah menjadi tips penting dalam memilih sekolah setelah lulus SMP. Akreditasi sebuah sekolah merupakan pengakuan oleh pihak lain terhadap sekolah tersebut. Pilihlah sekolah yang berakreditasi A dan B.

Lulus dari sekolah yang memiliki segudang prestasi merupakan impian semua anak bisa masuk pada sekolah tersebut. Apalagi sekolah tersebut sudah terakreditasi A dan masyarakat umum sudah mengakuinya. Dan pasti siswa yang lulus dari sekolah itu bangga menjadi bagian darinya.

Perhatikan Kualitas Lulusannya

Kedua, perhatikan kualitas lulusannya. Setelah lulus dari SMA dan MAN apakah lulusan sekolah itu berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi favorit? Dan jikalau SMK, apakah lulusan SMK tersebut bisa bekerja mandiri di sebuah perusahaan?

Hal itu bisa diketahui dari lulusan sekolah tersebut. Dan orangtua atau siswanya sendiri bisa bertanya langsung kepada kakak kelas yang sudah bersekolah di sana.

Mengikuti Prestasi Sekolahnya

Bila kamu sudah memiliki perencanaan ingin melanjutkan ke sekolah A, maka sejak awal ikutilah perkembangan prestasi yang pernah diraih oleh sekolah tersebut. Biasanya prestasi sekolah menjadi bagian dari promosi sekolah yang diselipkan dalam brosur atau diberitakan di situs onlinenya. Ini akan terkait dengan fasilitas pengembangan diri di sekolah tersebut.

Perhatikan Kualitas Pengajarnya

Hal yang tak kalah penting membimbing siswa meraih prestasi di sekolah adalah guru. Selain kemampuan akademik seorang siswa, keberhasilan sebuah pendidikan tak terlepas dari bagaimana guru menyampaikan materi kepada siswa.

Umumnya askolah yang sudah berakreditasi A, memiliki tenaga pengajar yang sudah menyelesaikan pendidikan S1 bahkan S2.

Amati Lingkungan

Perhatikanlah lingkungan sekolah. Ini berdampak pada perkembangan siswa. Lihat, bagaimana kondisi sekitar sekolah itu. Amatilah lingkungan masyarakat setempat yang nantinya akan membawa dampak buruk pada anak.

Bagaimana hubungan antara  guru dengan siswa, begitu juga sebaliknya. Guru dengan karyawan dan masyarakat sekitarnya. Ada baiknya memilih sekolah yang lingkungannya masih asri, jauh dari kebisingan

Bervariasinya Sebuah Jurusan

Mengingat SMK adalah sekolah kejuruan, pastikan sekolah tersebut memiliki banyak pilihan jurusan serta jelas penyaluran dan penempatan para alumninya. Pasalnya sekolah kejuruan merupakan sekolah mengembangkan skill.

Sesuaikan pilihan kompetensi keahlian berdasarkan minat dan bakatmu. Pikirkan terlebih dahulu kompetensi mana yang akan kamu tuju. Jangan sampai salah memilih jurusan yang akan merugikan dirimu sendiri.

Sekolah SMK menyediakan keahlian lengkap, seperti akuntansi, administrasi perkantoran, sekretaris, penjualan, menjahit, merias, tata boga, multi media, kelistrikan, ilmu jaringan, pertanian, dan lain sebagainya. Sesuaikanlah pilihan jurusanmu dengan minat dan kompetensimu ya!

Memiliki Banyak Ekstra

Apabila sebuah sekolah memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, ini akan menguntungkan bagi siswa. Sejatinya di sinilah minat siswa tersalurkan. Kamu punya banyak pilihan untuk memilih ekstrakurikuler  apa yang sesuai dengan minatmu. Pemilihan ekstra tersebut penting untuk pengembangan potensi yang dimiliki siswa.

Seandainya kamu memiliki prestasi di bidang olah raga seperti tenis meja, maka pilihlah sekolah SMA, SMK, maupun MAN yang memiliki prigram ekstra tesebut. Jika tidak, bakatmu tidak akan berhenti sampai di sini. Pasalnya, tidak semua SMA yang bisa menampung semua potensi siswa yang mungkin tersembunyi.

Amati Sarana dan Prasarana Sekolah

Di era serba digital ini, sekolah-sekolah di kota misalnya, kelengkapan sarana pembelajaran sangat mendukung keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Seperti, keberadaan AC sekarang tampaknya sudah menjadi kebutuhan primer sekolah yang sudah didukung dengan multimedia. Selain itu, masibg-masing kelas telah dilengkapi LCD sebagai sarana pembelajaran di kelas. 

Demikianlah, tips yang guntal.com berikan kepada kamu  yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah atas. Komunikasi dengan orangtua sangat diharapkan dalam menentukan pilihanmu. Apa kamu masih bingung dengan pilihanmu? Maka dari itu, pilihlah sekolah sesuai dengan kemampuan dan  minatmu ya! Semoga tips di atas membantumu dalam memilih sekolah sesuai dengan keinginanmu.

Fide Baraguma

Ibu dua jagoan yang hobi menulis dan suka menulis banyak hal sekaligus founder baraguma.com.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button