Pendidikan

Menguak Kenangan, Saat Jam Istirahat di Sekolah

Di saat pandemi ini, sebagian pihak sekolah/madrasah sudah membolehkan dunia pendidikan untuk belajar tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan. Belajar tatap muka dibagi menjadi 2 shif dengan ketentuan jadwal belajar dipangkas menjadi lebih pendek. Oleh sebab itu, pihak sekolah/madrasah tidak memberikan jam istirahat pada siswa.

Bagi kamu yang merindukan masa-masa istirahat di sekolah/madrasah yang pernah kamu lakukan bersama kawan sepermainan dulu di saat situasi normal, kini guntal.com akan mengingatkan memori kamu akan kenangan itu.

Berbicara mengenai istirahat, Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan ketika istirahat sekolah/madrasah. Bagaimana cara memanfaatkan waktu istirahat lebih produktif?

Jam istirahat merupakan waktu yang diberikan oleh sekolah/madrasah  untuk berhenti sejenak dalam proses belajar mengajar di kelas. Waktu yang diberikan untuk jam isirahat sekitar 10-15 menit. Biasanya jam istirahat berlangsung selama 2 kali.

Salah satu tujuan diadakannya jam istirahat adalah untuk mengembalikan pikiran dari rasa penat dan bosan selama belajar di kelas. Kebanyakan dari kamu sering menghabiskan waktu istirahat dengan hal-hal yang tidak ada gunanya. Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu istirahatmu untuk melakukan hal yang berguna.

Masa sekolah, apalagi pas zamannya putih abu-abu adalah masa terindah yang mungkin pernah kamu lalui. Ada sebagian dari kamu sering  memanfaatkan waktu istirahat dengan bercanda ria dengan teman-teman bukan? Jika menilik lebih dalam lagi, sebenarnya ada kegiatan yang lebih positif yang bisa kamu lakukan bersama teman.

Siswa yang disiplin akan manfaatkan waktu istirahat dengan cara yang lebih produktif. Siswa tipe ini bisa menghargai waktu luang dengan baik. Karakter siswa yang tidak suka membuang waktu inilah akan berdampak ketika kamu kuliah dan bekerja nantinya.

Nah, apa saja kegiatan yang pernah kamu lakukan dan akan kamu lakukan nanti, jika jam istirahat tiba. Daripada harus  bercerita tak ada gunanya, bercanda sampai lupa diri, atau kegiatan kurang produktif lainnya, mending kamu melakukan kegiatan positif seperti yang akan dipaparkan berikut ini.

Saat istirahat tiba, inilah aktivitas rutin yang dilakukan oleh siswa. Tubuh memerlukan energi setelah berpikir di saat proses belajar di kelas. Ketika istirahat tiba, sudah saatnya kamu mengisi kembali energi yang terkuras selama belajar. Makanlah makanan yang mengenyangkan, seperti nasi goreng, lontong, dan sate. Jangan makan makanan yang instan seperti mie yang akan membuat perutmu sakit. Alangkah baiknya kamu membawa bekal dari rumah yang terjaga kandungan nutrisinya.

Makan Bekal yang Dibawa

Hampir sama dengan makan di kantin, namun bedanya kamu makan dari bekal yang telah dipersiapkan oleh ibu akan lebih nikmat jika dimakan bersama kawan. Gunakanlah waktu istirahatmu dengan melahap bekal yang disiapkan oleh ibu. Kamu bisa berbagi atau bertukar makanan dengan temanmu. Selain itu, makan makanan bekal sendiri tentunya lebih sehat dan terhindar banyak micin.

Bagi kamu yang punya hobi membaca, perpustakaan sekolah merupakan salah satu tempat yang sangat baik untuk mengisi waktu istirahatmu. Suasananya yang lebih tenang bisa menjadi tempat sobat guntal.com yang ingin menenangkan pikiran. Koleksi buku yang ada, bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuanmu.

Bagi kamu yang senang dengan literasi dan hobi menulis akan menyempatkan dirinya untuk menuliskan  hal-hal yang bermakna. Sebenarnya menulis tidak kenal waktu, jika sudah muncul ide, kapan dan dimana saja akan tercipta sebuah tulisan.

Manfaatkanlah waktu istirahatmu dengan membicarahan hal-hal yang positif. Jangan gunakan waktumu untuk membicarakan orang lain yang tidak ada gunanya. Meninggalkan kebiasaan tersebut lebih baik untukmu dan teman-teman di kelas. Alangkah baiknya kamu membahas tentang rencanamu ke depan mau melanjutkan ke sekolah apa, cita-cita atau tentang pelajaran.

Saling mengunjungi teman beda kelas akan membuatmu banyak teman. Selain mendapatlan teman baru, kamu juga bisa bertukar pikiran, bercerita  pengalaman semasa kecil dan hal menarik sehingga akan merilekskan pikiranmu untuk dapat menerima pelajaran lagi dari gurumu.

Bagi kamu yang mudah bosan, tak ada salahnya untuk berkeliling di lingkungan sekolah/madrasah. Berkeliling di lingkungan sekolah bersama teman-teman juga bisa mengisi waktu istirahatmu dengan lebih sehat. Dengan begitu, kamu bisa berinteraksi dengan teman-teman berbeda kelas dan jurusan denganmu. Kamu juga bisa mendapatkan pergaulan yang lebih luas dan sehat.

Ada tempat duduk yang disediakan di sekolah/madrasah untuk menikmati alam. Diantaranya, bangku taman, gazebo, dan tempat duduk yang disediakan di depan kelas. Tempat duduk ini disediakan untuk kamu yang lagi mengerjakan tugas sekolah atau belajar kelompok di luar kelas dan juga buat melepaskan penatmu di dalam kelas. Bagi sekolah/madrasah yang memiliki gedung bertingkat, manfaatkanlah duduk santai dari atas gedung.

Istirahat jam kedua biasanya digunakan untuk salat zuhur berjamaah di masjid atau musala. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan bagi sekolah/madrasah yang melaksanakannya. Kamu bisa saja memanfaatkan waktu istirahat ini dengan mengumandangkan azan atau menjadi imam.

Hal ini biasanya dilakukan oleh siswa rajin yang ingin mengulang kembali pelajaran  yang sudah diajarkan sebelumnya, atau mempelajari pelajaran yang akan dimasuki setelahnya. Tidak ada salahnya kamu mengerjakan tugas supaya nanti kamu lebih memudahkan dalam mengerjakannya di rumah.

Bermain tidak hanya dilakukan di rumah, di sekolah/madrasah juga bisa. Ada banyak permainan yang bisa kamu lakukan jika ingin tetap berada di dalam kelas. Kamu bisa  bermain tebak-tebakan, catur, dan kegiatan lain yang positif dan meningkatkan kekompakan antar anggota kelas.

Guru merupakan sosok orangtua keduamu. Tak ada salahnya kamu berdiskusi dengan gurumu perihal pelajaran atau meminta pendapat gurumu mengenai minat dan bakat yang kamu miliki. Misalnya, kamu ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Jurusan apa yang cocok buatmu. Keakraban ini bisa kamu manfaatkan untuk menggapai cita-citamu.

Ada baiknya di saat istirahat tiba, kamu memanfaatkan waktu dengan membersihkan kelas. Sebenarnya kelas sudah dibersihkan sebelumnya oleh petugas piket. Tapi, mungkin ada diantara temanmu yang membuang sampah sembarangan. Misalnya, dengan mengajak teman mengambil sampah yang berserakan di lantai, menghapus papan tulis yang sudah penuh. Nah, dengan begitu guru yang akan masuk pada jam pelajaran selanjutnya akan nyaman berada di kelasmu. 

Demikianlah 13 manfaat yang guntal.com berikan untuk menggunakan waktu istirahat di sekolah/madrasah dengan baik. Diantara kamu pasti sudah ada yang mengalaminya bukan? Kamu pernah melakukan aktivitas yang mana? Bagaimana, masih kangen dengan kenangan itu? Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kamu akan menjumpainya kembali pada waktu yang telah ditentukan oleh Tuhan.

Fide Baraguma

Ibu dua jagoan yang hobi menulis dan suka menulis banyak hal sekaligus founder baraguma.com.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button