Pendidikan

5 Sekolah Favorit di Kabupaten Solok yang Wajib Kamu Incar

5 Sekolah Favorit di Kabupaten Solok yang Wajib Kamu Incar – Kabupaten Solok yang terkenal dengan logo 5 Danau ini, selain dikenal sebagai daerah penghasil beras ternama. Kabupaten Solok juga dikenal dengan daerah penghasil SDM terbaik di Sumatera Barat.

Tak hayal banyak sekali tokoh nasional yang terkenal berasal dari daerah kabupaten Solok ini, Baik tokoh pra dan pasca kemerdekaan. Sampai sekarang pun masih dikenal sebagi penghasil SDM terbaik.

Ini didukung dari kualitas pendidikan yang dimiliki oleh daerah ini. Banyak sekolah pencetak generasi besar dari wilayah hukum kabupaten Solok. Mulai dari Sekolah Dasar, Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas.

Nah, Jika kamu sekarang adalah salah satu bagian dari kabupaten Solok ini, Sedang mencari rekomendasi sekolah favorit menengah atas. Kamu bisa mencoba membaca dan melirik artikel dari guntal.com sebagai bahan referensi apik dalam menentukan kemana kamu sebaiknya melanjutkan sekolah menengah atas.

Berikut adalah 5 rekomendasi sekolah kategori menengah atas atau sederajat yang bisa kamu jajal. Sekolah mana saja yang masuk kategori? Yuk simak ulasan di bawah ini khusus buat kamu yang haus dengan informasi tentang sekolah favorit di kabupaten Solok.

1. SMAN 1 Gunung Talang

SMAN 1 Gunung Talang atau lebih dikenal dengan SMA Guntal pada masanya sebelum lahirnya adik mereka di belahan lain di kecamatan Gunung Talang ini memang telah menobatkan diri sebagai salah satu sekolah terfavorit di kabupaten Solok sejak dahulu kalanya.

Sekolah yang berlokasi di Pasa Usang Cupak, kecamatan gunung Talang, kabupaten Solok ini sudah berdiri sejak 40 tahun yang lalu ini memiliki sarana dan prasarana yang mumpuni. Sarana dan prasarana yang dimiliki cukup mempresentasikan bahwa sekolah menengah atas ini layak mendapat predikat salah satu sekolah favorit di kabupaten Solok.

Data rekap terakhir tertanggal 8 juni 2020 menyebutkan bahwa sekolah ini memiliki hampir seribu lebih peserta didik aktif. Dengan jumlah ruang kelas 29 ruangan, 4 labor dan 1 perpustakaan. Selain itu menurut data yang guntal.com himpun, SMAN 1 Gunung Talang ini memiliki kurang lebih 30 jamban bertipe leher angsa alias jamban jongkok.

Sekolah yang memiliki lingkungan serba hijau yang terlihat asri ini memiliki sistem pengamanan di gapura utama di depan sekolah. Diamankan oleh satpam yang bersertifikasi dengan sistem pengamanan full pada jam pelajaran berlangsung.

Dari segi prestasi sudah tak terhitung lagi, SMAN 1 Gunung Talang atau sekarang dikenal dengan SMANSa Guntal ini sudah melanglang buana ke tingkat nasional maupun propinsi.

Kekurangannya adalah sistem data digital yang dimiliki oleh SMAN 1 Gunung Talang masih sangat buruk, terbukti dari website resmi mereka yang selalu off air alias tidak aktif (situs diakses tanggal 8 juni 2020). Ada peringatan keamanan saat kunjungan dilakukan ke situs resmi sekolah ini.

Beberapa data digital lain yang terkesan dianak tirikan adalah sosmed official mereka yang sepertinya belum ada. Penulis mendapati banyak fanpage unofficial beredar di dunia maya. Ada satu yang sepertinya resmi namun data dan isi yang terbatas. Tidak komunikatif dan terabaikan.

Semoga kedepannya SMAN 1 Gunung Talang lebih mengutamakan pengelolaan akun sosmed, situs resmi dan data digital mereka agar lebih mudah diakses oleh peminat mereka yang membludak di kabupaten Solok maupun dari luar daerah. Namun terlepas dari itu tak ada alasan bagi kamu untuk tidak mengincar sekolah ini demi masa depanmu yang lebih gemilang.

2. SMAN 1 X Koto Singkarak

Sekolah yang berlokasi KM 13, Jalan Lintas Sumatera ini sudah berdiri dari tahun 1980 an, Dengan penuh perjuangan dan tentunya dilakukan oleh putra daerah. Akhirnya sekolah ini bisa berdiri hingga saat ini.

Sekolah yang selalu menjadi rival alot SMAN 1 Gunung Talang di kabupaten Solok ini tercatat sebagi sekolah dengan segudang prestasi. Tak jauh beda dengan rivalnya, SMAN 1 X Koto Singkarak mencatat sejarah selalu bersaing di bidang akademis dan non akademis dengan SMAN 1 Gunung Talang.

Sekolah ini selalu menjadi pesaing tetap SMAN 1 Gunung Talang di skor peraihan nilai UN rata-rata. Beberapa kali berhasil menyalip pesaingnya dan beberapa kalipun tetap mengekor di bawah rivalnya itu. 

Dari ulasan di atas tidak ada salahnya kamu memasukkan sekolah ini sebagai salah satu pilihan sekolah favorit yang layak kamu incar.

3. SMKN 1 Gunung Talang

Sekolah dengan NPSN 10301518 ini terletak di Jalan Lintas Sumatera Aro, Talang, Gunung Talang, kabupaten Solok. Tercatat mulai berdiri sejak juni 2002 dengan status sekolah menengah kejuruan pertama yang berdiri di wilayah hukum kabupaten Solok.

Berdiri hanya dengan dua jurusan saja, peternakan dan agribisnis tanaman pangan dan holtikultura berhasil mencatat perkembangan pesat sampai sekarang. SMKN 1 Gunung Talang berhasil menjadi salah satu tujuan prioritas bagi lulusan sekolah menengah pertama.

Sekarang sekolah ini telah menggelontorkan 5 program keahlian setelah dua program keahlian di atas diantaranya, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, dan Teknik Kendaraan Ringan.

Dari data rekap per 8 juni 2020 yang penulis akses pada tanggal 8 juni 2020, Sekolah ini mencatatkan peserta didik dengan total 810 orang. Fasilitas yang tersedia adalah ruang kelas sebanyak 30 buah, disusul labor 6 dan perpustakaan hanya 1 saja.

Kelebihan dari sekolah ini terdapat pada program keahlian yang ditawarkan serta posisi sekolah yang dekat dengan jalan lintas sumatera. Lokasi yang unik dan tanah yang cukup luas serta berdampingan dengan SMPN 1 Gunung Talang menjadi nilai plus bagi sekolah ini.

Kekurangannya, sama seperti sekolah yang disebutkan di atas. data digital yang sangat buruk dan tampilan situs yang menurut hemat penulis sangat buruk. Padahal jika dilihat dengan program keahlian yang ditawarkan. Seharusnya sekolah ini juga memperlihatkan skill mereka di situs mereka.

Namun sayang, per akses yang penulis lakukan pada tanggal 8 juni 2020. Situs mereka tidak mengalami update meski seharusnya sudah mendukung data digital dengan format web php. Namun, jika dibandingkan dengan dua sekolah di atas, situs mereka yang cukup konsisten mengudara.

4. SMAN 2 Sumatera Barat

Sekolah rilisan dari pemerintahan provinsi ini masih terbilang baru. Menganut konsep sekolah moderen atau boarding school. SMAN 2 Sumatera Barat berhasil menyabet prediket sekolah favorit selanjutnya versi guntal.com.

Sekolah yang terkenal dengan konsep trilogi mereka, berhasil mencetak lulusan yang mumpuni dibidangnya. Siswa mereka dialokasikan untuk seluruh peserta didik yang berasal dari berbagai daerah.

Tercatat telah berstatus terakreditasi A, Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sumatera Barat ini terletak di lokasi jalan lingkar sumatera, Koto Gaek Guguak, kecamatan Gunung Talang, Sumatera Barat telah memiliki sarana dan prasarana lengkap, mulai dari asrama, tempat ibadah dan sarana penunjang kegiatan PBM lainnya.

Kekurangan, penulis hanya melihat beberapa fasilitas olahraga yang kurang memadai. Meski memiliki lahan yang cukup luas dan terletak pada view yang unik (Jalan lingkar). Namun sekolah ini tetap mencatatkan diri sebagai sekolah favorit yang ada di kabupaten Solok meski keterbatasan daya tampung yang kentara.

5. SMAN 1 Kubung

Sekolah menengah atas yang saat ini di kepalai oleh Refinal Zoni menjadi sekolah favorit di kabupaten Solok selanjutnya. Meski tidak se gress pesaing mereka di atas. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubung termasuk sekolah yang cukup diminati.

Terletak jauh dari kebisingan jalan raya, Sekolah ini jadi tujuan utama bagi kamu yang suka suasana hening dan damai. Berlokasi di jalan Rawang Sari, Salayo, Kubung, kabupaten Solok juga memiliki torehan segudang prestasi.

Tercatat dari jumlah murid per tanggal 8 juni 2020 sebanyak 879 orang membuktikan bahwa sekolah ini memiliki peminat yang cukup tinggi, sama seperti 4 sekolah di atas. Didukung ruang kelas sebanyak 26 buah, di susul 6 labor dan 1 perpustakaan menjadikan sekolah ini wajib kamu pertimbangkan.

Kekurangan dari sekolah ini hanya terdapat pada lokasi yang cukup jauh dari kebisingan dan sering terendam banjir sungai Batang Lembang saat cuaca di kabupaten Solok memburuk. Selain itu data digital dan belum memiliki situs dan page di sosmed yang bisa dijadikan rujukan informasi terpercaya.

Kesimpulan

Itulah 5 rekomendasi sekolah menengah atas favorit bagi kamu di kabupaten Solok atau bagi kamu yang tertarik ingin mengenyam pendidikan di kabupaten Solok. 5 sekolah di atas hanyalah rekomendasi saja. Dengan adanya rekomendasi di atas bukan berarti sekolah lain bukan sekolah favorit ya.

Tidak ada klasifikasi dan pengotakan dalam pendidikan termasuk sekolah. Suksesnya dirimu tergantung bagaimana kamu menikmati pendidikan dan menghormati mereka yang mengajar dan memberikan ilmunya pada kamu.

Kreatif dan ulet serta kegigihanlah yang membawa namamu dan sekolahmu menjadi dikenal dengan baik oleh khalayak. Jadi jangan kecewa jika kamu tidak mendapatkan sekolah favorit yang kamu incar. Tetaplah belajar dengan baik dan giat. Selamat menentukan pilihanmu ya. Semoga sukses dari penulis untukmu.

Afriant Ishaq

Founder guntal.com yang merangkap jadi kuli di dunia nyata akibat efek stigma bahwa di depan komputer itu main bukan kerja.

Related Articles

3 Comments

  1. hai mas! apa khabar? waduhhhh lama sungguh saya tak mampir ke sini. mas sihat ke tu? harap2 begitulah. maaflah sudah lama saya tak bertanya khabar dan hari ini baru dapat semangat dan momentum untuk kembali berblog. jika berkelapangan, sudi sudilah mampir ke blog saya ya! kita bertegur sapa seperti dulu 😉 see ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button