Situs Penyedia Jurnal Internasional Gratis Tugas Kuliah

beberapa website referensi situs penyedia jurnal internasional gratis di bawah ini akan menjadi tujuan saat kamu sedang berstatus sebagai mahasiswa dan sedang mengerjakan tugas akhir.

Karya ilmiah bisa saja bersumber dari jurnal penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Jurnal internasional gratis yang telah dipublikasikan bisa saja jadi pilihan dan alternatif tepat bagi kamu.

Apa itu jurnal?

Dilansir dari wikipedia pengertian jurnal adalah kumpulan artikel atau hal yang berkaitan dengan sesuatu.

Sedangkan jurnal ilmiah adalah tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu.

Atau dalam bahasa ringan, jurnal adalah publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel dan pada umumnya terbit secara reguler.

Referensi situs jurnal internasional juga sangat bisa kamu andalkan jika kamu adalah salah satu dari orang yang sedang berkarir sebagai peneliti atau akademisi.

Jurnal internasional di situsnya bisa jadi sebagai pelengkap data dalam tulisan atau karyamu. Terutama untuk bahasan atau topik penelitian yang masih sangat jarang dilakukan di Indonesia.

Jika kamu adalah salah satu mahasiswa, akademisi atau peneliti yang sedang mencari situs jurnal internasional maupun dalam negeri yang mumpuni dan terbaik.

Berikut guntal.com paparkan beberapa situs jurnal internasional dan nasional yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas akhir.

Website Jurnal Internasional Terbaik

Lagi butuh banyak referensi karya ilmiah untuk tugas akhir? Berikut beberapa situs penyedia jurnal nasional dan internasional terbaik yang bisa kamu jadikan tempat mencari jurnal.

Situs Jurnal Internasional Academia

Situs jurnal internasional yang pertama adalah Academia. Situs penyedia jurnal gratis ini cukup populer digunakan oleh kalangan mahasiswa tugas akhir di Indonesia.

Pasalnya situs ini memang menyediakan banyak jurnal dan akan membantu siapapun yang membutuhkan banyak referensi data dan penelitian.

Kamu bisa menemukan artikel-artikel ilmiah hingga jurnal-jurnal internasional secara gratis dan mudah.

Cara akses yang cukup mudah dan situs yang lumayan ringan. Academia bisa kamu jadikan andalan untuk pembuatan skripsi. Sayangnya beberapa jurnal tidak terbuka aksesnya sehingga kamu membutuhkan izin dari pemiliknya sebelum digunakan.

Jika kamu berminat dengan jurnal yang ada di academia, silahkan langsung kunjungi Situs: https://www.academia.edu/

International Journal of Education & the Arts

International Journal of Education & the Arts atau lebih dikenal dengan Ijea ini terdengar masih asing. Meski masih terdengar asing di telingamu atau orang kebanyakan selain akademisi. Situs ini menyediakan banyak jurnal internasional dengan berbagai bidang keilmuan. Khususnya yang berbahasa asing.

Buat kamu yang sedang mencari referensi jurnal berbahasa asing, International Journal of Education & the Arts (Ijea) layak dijadikan pilihan. Selain tampilan landing page yang unik, ijea cukup responsif dan mudah diotak atik.

Jika kamu tertarik untuk mencari jurnal dalam bahasa asing atau inggris di ijea, silakan langsung ke website dengan alamat http://www.ijea.org/

Jurnal Internasional FreeFullPdf

Jika di dua situs di atas kamu masih belum puas dengan hasil pencarian. Kamu bisa mengunjungi FreeFullPdf.

FreeFullPdf juga situs yang menyediakan berbagai jenis referensi ilmiah berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Di sini, kamu bisa menemukan jurnal, ebook, skripsi dan tesis serta beberapa artikel lainnya. Semuanya bisa kamu dapatkan secara gratis dan mudah.

Tampilan yang ringan dan langsung dengan antar muka pencarian, FreeFullPdf layak untuk kamu eksplor. Berminat? Silakan langsung ke situsnya di http://freefullpdf.com/

Jurnal Internasional Cambridge

Jurnal Internasional Cambridge bisa menjadi andalan untuk mencari jurnal berbahasa asing terbaik khususnya bagi mahasiswa maupun akademisi terbaik berikutnya.

Kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu adalah situs ini menyediakan kebutuhan pencarian jurnal yang komprehensif dengan kekayaan referensi dan kemudahan pencarian.

Tak heran jika Jurnal Cambridge menjadi salah satu situs jurnal internasional terbaik yang banyak di sasar oleh akademisi atau mahasiswa tingkat akhir. Silakan berkunjung ke situs https://www.cambridge.org/core

Jurnal Internasional Books.org

Tak berbeda jauh dengan situs-situs di atas, Books.org memiliki koleksi jurnal yang cukup lengkap untuk kamu jadikan referensi.

Selain jurnal pengunjung bisa membaca berbagai publikasi ilmiah internasional secara gratis tanpa ribet log in dan segala hal.

Kelebihannya adalah books.org juga menyediakan berbagai e-book yang bisa kamu baca secara cuma-cuma. Tertarik mencoba ? Langsung saja ke situs https://booksc.org/

Jurnal Internasional Microsoft Academic

Terdengar familiar? Iya, tentu saja. Seperti rivalnya google, Microsoft juga memiliki website jurnal internasional bernama Microsoft Academic.

Di dalam website Microsoft Academic ini menawarkan akses jurnal ilmiah ini dari bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris serta pilihan jurnal dari bahasa lainnya.

Penggunaan dan tampilan antarmuka khas produk Microsoft. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci yang ingin dicari pada kotak pencarian. Sistem pencarian akan otomatis mengerucutkan pencarian seperti Author untuk nama pengarang.

Ada juga Date Range untuk tahun terbit, Affiliation untuk sumber jurnal, Field of Study untuk subyek program studi kamu, dan Journal untuk sumber jurnal yang kurang lebih sama seperti menu Affiliation tadi.

Situs: https://academic.microsoft.com/

Jurnal Internasional Research Gate

Terdengar familiar seperti Microsoft Academic? Kamu salah, Research Gate didirikan pada tahun 2008 oleh dokter Dr. Ijad Madisch dan Dr. Sören Hofmayer, dan ilmuwan komputer Horst Fickenscher.

Jadi tidak ada hubungannya dengan Bill Gates apalagi Microsoft, Research Gate sekarang telah memiliki lebih dari 17 juta anggota.

Seperti sebuah platform sosial media bagi peneliti dan akademisi. Research Gate menyediakan forum diskusi yang bisa melibatkan banyak peneliti dari seluruh dunia. Tak heran jika situs ini bisa dijadikan referensi jurnal bagi kamu pada jenjang pendidikan S1 dan S2.

Situs: https://www.researchgate.net/

Jurnal Internasional Oxford

Bicara mengenai Oxford, kamu pasti ingin sekali kuliah di universitas terkenal bonafit ini. Nah jika belum berkesempatan, kamu bisa mengunjungi situsnya yang bermanfaat untuk keperluan tugas akhirmu.

Di situs ini, kamu bisa menemukan berbagai publikasi ilmiah berupa jurnal internasional dan segudang jurnal lainnya yang amat bermanfaat bagi para pejuang skripsi dan tugas akhir.

Situs: https://www.oxfordjournals.org/en/access-purchase/oxford-journals-archive/

Jurnal International Taylor & Francis Online

Situs ini layak untuk kamu kunjungi saat penyelesaian tugas akhir. Ini bertujuan agar skripsi dan tugas akhirmu semakin credible.

Berdasarkan data yang ada laman ini memiliki lebih dari 4 jutaan lebih jurnal yang dibuat dan diteliti oleh banyak author dan researchers.

Bisa dipastikan, kamu tidak akan lama-lama mencari topik yang berkaitan dengan bahasan tugas akhirmu. tentu bakal ada jurnal pendukungnya di sini.

Situs: https://tandfonline.com

Jurnal Internasional Science Direct

Untuk yang sedang bergelut dan mencari jurnal ilmiah di kesehatan, engineering, hingga ilmu sosial, situs ini adalah website yang tepat. Kamu hanya perlu memasukkan keyword yang dicari, judul dan abstrak dari jurnalnya bakal muncul di kolomnya.

Situs: http://sciencedirect.com

Jurnal Internasional JSTOR

Website yang merupakan bagian dari ITHAKA yang didirikan oleh Kevin M. Guthrie. Ternyata sudah berkecimpung dan menampung banyak jurnal secara online selama 15 tahunan loh. Sering menjadi jujukan mahasiswa, dosen, dan peneliti, jurnal yang ada di sini juga sudah terakurasi dengan baik.

Saat mengakses JSTOR, kamu seperti ada di perpustakaan. Semuanya sudah disortir dengan rapi. Kamu pun bisa mencari dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan bahasan utamamu.

Situs: http://jstor.org

Jurnal Internasional Cambridge Core

Selain Oxford, Cambridge juga tak mau kalah untuk membagikan jurnal yang dipublikasikan di laman resmi miliknya. Tak hanya mencari sumber pendukung untuk skripsi dan tesismu.

Website ini bisa kamu akses jika kamu tertarik untuk mencari buku apa saja yang menarik untuk dibaca. Konten akademik ini bisa diakses secara gratis.

Bisa diakses untuk semua kalangan, kamu bisa mencari sumber jurnal yang kredibel di sini kapan saja. Tentu saja kelebihan ini bisa kamu gunakan untuk membantu kamu dalam menyempurnakan skripsi dan tugas akhir.

Situs: https://cambridge.org/core

Jurnal Internasional Google Schoolar

Digawangi oleh raksasa teknologi dunia, google schoolar bisa kamu jadikan andalan dalam mencari jurnal internasional maupun jurnal ilmiah lainnya.

Di sini, di Google Schoolar memiliki banyak koleksi jurnal yang gratis dan maupun yang berbayar.

Salah satu keunggulan Google Schoolar adalah cara mencari jurnal ilmiah yang terbilang mudah. Kamu tinggal mencari kata kunci jurnal, lalu tekan enter, selanjutnya jurnal yang kita inginkan akan muncul.

Jika kamu ingin mengunduh jurnal internasional secara gratis di Google Schoolar? Ikuti langkah mudah di bawah ini.

  1. Masuk ke Google Schoolar.
  2. Ketik kata kunci jurnal ilmiah yang ingin dicari.
  3. Pada kolom pencarian ketik/copy strink ini: filetype:pdf. Selanjutnya Google Schoolar akan menampilkan berbagai jurnal ilmiah yang bisa diunduh full paper-nya dalam bentuk PDF.
  4. Lihat hasil pencarian dan link untuk mendapatkan full paper berformat PDF yang ada di kolom kanan hasil pencarian.
  5. Pada link PDF, kamu bisa download jurnal internasional full paper secara gratis. Jika tertarik mencoba silakan kunjungi situs https://scholar.google.co.id/

Jurnal Internasional Directory of Open Access (DOAJ)

Directory of Open Access (DOAJ) juga bisa diandalkan sebagai situs jurnal internasional gratis yang membuatmu bisa mengakses berbagai jurnal.

Jika ingin mencari jurnal internasional di Directory of Open Access, Kamu cukup ikuti langkah di bawah ini dengan mudah. Hampir mirip dengan Google Schoolar milik google tadi.

Buka situs https://doaj.org. Selanjutnya kamu ketik kata kunci di kolom search (Jika hasil yang muncul hanya ingin ‘jurnal’, kamu bisa hilangkan centang ‘articles’).

  1. Klik tombol cari di samping dan tunggu hingga hasil keluar.
  2. Klik satu per satu untuk masuk ke rincian jurnal yang ada.
  3. Kamu bisa melihat daftar beberapa jurnal dengan judul masing-masing. Kamu bisa memilih untuk melihat abstract saja atau full text.

Situs: https://doaj.org

Jurnal Internasional Situs Dalam Negeri

Jika kamu mengira situs dalam negeri tidak menyediakan jurnal. Itu salah, situs penelitian dan lembaga di bawah ini juga menyediakan jurnal internasional dan jurnal ilmiah lainnya dari berbagai disiplin ilmu.

Perpustakaan Nasional (Perpusnas)

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang memiliki koleksi jutaan buku dan segudang fasilitas lengkap untuk pengunjung.

Selain memiliki segudang buku, Perpusnas juga memiliki koleksi jurnal online dari nasional maupun internasional.

Berkat kemajuan teknologi, kamu gak perlu datang ke Perpusnas jika membutuhkan bacaan jurnal. Terlebih buat kamu yang berada di luar Jakarta dan sedang membutuhkan banyak referensi ilmiah.

Perpusnas memiliki digital library yang berisi banyak jurnal ilmiah berbayar dan sudah disewa oleh pemerintah, sehingga bisa kamu nikmati secara gratis.

Sayangnya kamu harus registrasi dan menjadi member dulu sebelum bisa menikmati koleksi jurnal internasional gratis.

Situs: http://e-resources.perpusnas.go.id/

Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir

Meski kurang populer di Indonesia sendiri dan sedikit Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki jurusan ini. Walau begitu kamu tetap bisa mendapatkan akses jurnal teknologi nuklir yang dibutuhkan di internet.

Kamu bisa mengunjungi situs Situs: http://jurnal.batan.go.id/ yang menyediakan berbagai jurnal sains dan teknologi khususnya dalam bidang nuklir.

Jadi kamu gak perlu pusing lagi untuk cara mencari jurnal internasional maupun nasional sebagai referensi tentang kajian nuklir.

Jurnal Sains dan Teknologi

Kamu bisa menikmati berbagai jurnal di situs E-Jurnal cukup lengkap yang berbasis Open Journal System di http://ejurnal.bppt.go.id/.

Jurnal yang tersedia mulai dari Bioteknologi & Biosains, Pengkajian Industri, Teknologi Lingkungan, Sains & Teknologi Modifikasi Cuaca, Teknologi Maritim, dan sebagainya.

Jadi buat kamu yang masih bingung cara mencari jurnal internasional maupun nasional di bidang sains dan tenologi, jurnal ini bisa dijadikan pilihan.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Dari namanya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah berasa nuansa keilmiahannya seperti tempat berkumpulnya para ilmuan terbaik di Indonesia.

LIPI merupakan lembaga pemerintah yang memberi sumbangsih pengetahuan bagi masyarakat Indonesia.

Di situs LIPI http://isjd.pdii.lipi.go.id/, kamu bisa menemukan banyak jurnal mulai dari jurnal teknik, jurnal kimia, jurnal biologi, dan banyak lagi.

Dan yang paling penting adalah jurnal yang disediakan LIPI gratis dan bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan untuk tugas akhirmu.

Kesimpulan

Itulah beberapa situs penyedia jurnal baik jurnal internasional, jurnal ilmiah maupun jurnal-jurnal lain dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

Kamu dapat menggunakan dan mencari referensinya di situs-situs yang guntal.com rekomendasikan di atas gratis. Selamat menyelesaikan tugas akhir dan sukses selalu dari penulis untukmu.

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.