Ketahui 5 SMA Boarding School Terbaik di Indonesia

Boarding school juga menjadi pilihan banyak orang tua karena memberikan banyak manfaat bagi anak. Dengan tinggal di asrama, anak dapat belajar mandiri

Boarding school adalah jenis sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran dengan cara tinggal di tempat khusus (asrama). Saat ini, ada banyak sekolah unggulan yang sudah menerapkan sistem boarding, terutama untuk jenjang SMA.

Selain itu, boarding school juga menjadi pilihan banyak orang tua karena memberikan banyak manfaat bagi anak. Dengan tinggal di asrama, anak dapat belajar mandiri dan bersosialisasi bersama orang lain.

Di asrama, sudah tersedia fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan murid, sehingga biaya boarding school umumnya lebih mahal dibanding sekolah biasa. 

Rekomendasi 5 SMA Boarding School Terbaik di Indonesia



Kebanyakan SMA boarding school adalah sekolah unggulan dengan konsep pendidikan internasional. Berikut ini 5 rekomendasi SMA boarding school terbaik beserta rincian fasilitas dan program unggulannya:

Pelita Harapan

Pelita Harapan di Cikarang adalah sekolah internasional yang menjadi almamater dari beberapa figur publik terkenal seperti Niki Zefanya dan Agnez Mo. 

Pelita Harapan dikenal sebagai sekolah agama Kristen sekaligus salah satu boarding school terbaik di Indonesia.

Sekolah ini memiliki kombinasi kurikulum berbasis International Baccalaureate Organization dari Swiss dan Cambridge International. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas unggulan seperti kolam renang, gimnasium, laboratorium sains, dan banyak lagi.

Sebagai salah satu sekolah termahal di Indonesia, biaya masuknya bisa mencapai Rp80 juta, dengan SPP Rp30-300 juta per tahun tergantung jenjang pendidikan. Karena itu, pinjaman uang terbaik bisa menjadi solusinya.

Al-Hikmah Boarding School

Selain sekolah asrama berbasis Kristen, alternatif lainnya khusus penduduk muslim adalah Al-Hikmah Boarding School. Sekolah ini terletak di Batu, Malang, diapit oleh indahnya wilayah pegunungan yang luas dan sejuk.

Al-Hikmah mengakomodasi kenyamanan dan keamanan murid dengan kamar luas, fasilitas olahraga, lobi tamu, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat program unggulan berupa pembelajaran bahasa Inggris dan Arab melalui interaksi harian.

Jika ingin menanamkan nilai-nilai islami pada anak, sekolah ini bisa menjadi pilihan. Adapun biaya masuknya bisa mencapai Rp60 juta, dengan perkiraan total biaya pendidikan sekitar Rp150-250 juta.

Taruna Nusantara

Apabila ingin mengajarkan nilai kedisiplinan, maka Taruna Nusantara di Magelang adalah pilihannya. Dengan model pendidikan semi militer, sekolah ini dulunya didirikan oleh mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan, LB Moerdani.

Program pendidikannya menekankan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, bersamaan dengan prestasi akademik. Adapun fasilitas unggulannya meliputi Balairung Pancasila, pelataran upacara, lab astronomi, dan lain-lain.

Terdapat beberapa jalur masuk ke Taruna Nusantara, namun untuk jalur reguler non beasiswa dibutuhkan uang pangkal sebesar Rp50 juta. Selain itu untuk jalur kontribusi khusus, terdapat biaya kontribusi khusus minimal sebesar Rp125 juta.

Semesta Boarding School

Rekomendasi selanjutnya adalah Semesta Boarding School. Sekolah ini terletak di Jawa Tengah, dan dibentuk oleh Yayasan Al-Firdaus Semarang Indonesia bersama Fulton Science Academy Georgia Amerika Serikat.

Salah satu program pembelajaran unggulannya adalah penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar mata pelajaran utama. Dukungan fasilitas pendidikannya sangat memadai, meliputi ruang makan, ruang baca, mushola, dan lain sebagainya.

Info biaya pendidikan SMA Semesta cukup tertutup, namun uang pangkalnya bisa mencapai puluhan juta, belum termasuk biaya buku dan asrama. Ditambah SPP lebih dari 5-6 juta sebulan, total biaya pendidikannya hingga lulus bisa mencapai Rp150-250 juta.

Dwi Warna

Terakhir ada Dwi Warna, boarding school unggulan di Jabodetabek yang mengadaptasi Kurikulum Nasional dengan perpaduan program keagamaan. Untuk mendidik muridnya, Dwi Warna menerapkan program bimbingan kepribadian dan kepemimpinan serta pembinaan sikap di asrama.

Dari segi fasilitas, sekolah ini telah dilengkapi sarana prasarana lengkap di lingkungan sekolah maupun asrama. Meliputi laboratorium, ruang kelas nyaman ber-AC, fasilitas olahraga, hingga klinik kesehatan.

Biaya uang pangkalnya juga cukup tinggi, dapat mencapai Rp60 juta. Selain itu, terdapat uang seragam, buku paket, dan SPP perbulan yang jika ditotal per tahun bisa mencapai ratusan juta.

Keunggulan Boarding School

Meskipun biaya pendidikannya mahal, namun boarding school memiliki berbagai hal yang tidak dimiliki sekolah pada umumnya. Dengan pinjaman uang yang cukup, Anda bisa menyekolahkan anak Anda di boarding school dan memperoleh berbagai keunggulan berikut:

Fasilitas Lebih Lengkap

Harus diakui, biaya pendidikan di sekolah asrama memang mahal. Namun biaya tersebut tentu sepadan dengan fasilitas lengkap yang disediakan sekolah bagi para siswa.

Lingkungan Lebih Aman

Karena menggunakan sistem asrama, maka seluruh murid akan selalu berada di bawah pengawasan guru maupun pengelola asrama. Sehingga, lingkungannya dijamin lebih aman dan kondusif bagi anak untuk fokus belajar.

Membentuk Sikap Positif

Selama belajar di boarding school, siswa akan hidup mandiri terpisah dari rumah dan orang tuanya. Mereka juga akan belajar hidup berdampingan bersama teman-teman baru dari berbagai daerah. 

Kondisi tersebut dapat membentuk sikap positif seperti mandiri, bertanggung jawab, toleran, disiplin, dan lain sebagainya.

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.