Cintai Lingkungan, Inilah Ide Kreatif Daur Ulang Sampah Plastik

Daur Ulang

Salah satu teknik berkreasi yang kian hari semakin banyak digemari masyarakat yakni daur ulang sampah plastik. Tidak hanya mudah, hobi daur ulang sampah plastik seperti botol bisa menjadi ide usaha yang sangat potensial.

Untuk Anda yang ingin menggeluti bidang ini, tidak perlu khawatir karena bisnis kerajinan tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih dewasa ini, mendaur ulang sampah plastik dengan cara kreatif dan unik semakin banyak.

Sehingga, Anda bisa memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan yang bermanfaat. Di mana dapat digunakan sebagai mainan anak, hadiah, ataupun produk dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Ide Kerajinan Daur Ulang Sampah Plastik

Ada banyak cara daur ulang sampah plastik yang bisa Anda coba, selain praktek yang mudah Anda pun bisa menjadikannya ladang bisnis. Berikut ini ulasannya.

Pot tanaman gantung

Pot tanaman gantung dari botol plastik ini menjadi ide pertama khususnya untuk Anda yang ingin memelihara tanaman hias di dalam rumah.

Anda hanya perlu menyediakan botol plastik kemudian potong bagian bawahnya. Selanjutnya cat sesuai dengan keinginan. Jangan lupa tambahkan tali yang akan digunakan untuk menggantungnya. Mudah, bukan?

Tanaman hidroponik

Akhir-akhir ini hidroponik memang sangat hits bagi pecinta tanaman. Hal ini terjadi karena budidaya tanaman ini memerlukan barang-barang yang mudah dijumpai di sekitar. Misalkan menggunakan botol bekas sebagai media tanamnya.

Sudah menjadi rahasia umum, jika lahan di perkotaan semakin sempit seiring berjalannya waktu. Sehingga masyarakat perkotaan yang menyukai berkebun menyiasati dengan menggunakan botol plastik.

Cara ini terbilang efektif, sebab masyarakat perkotaan pun tidak perlu menggunakan lahan yang luas. Cukup dengan pot-pot gantung di dinding. Pot berbahan dasar botol plastik tersebut tidak hanya hemat tempat, tapi juga menghemat biaya karena hasil kreasi barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Bertanam hidroponik pun relatif praktis karena bisa di mana saja tanpa menyita lahan. Kreatif plus solutif, bukan?

Vas bunga

Selain dibuat pot, botol plastik juga bisa diolah menjadi vas bunga. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan botol plastik kemudian manfaatkan bagian bawah serta atasnya. Lalu satukan keduanya, terakhir Anda bisa menghiasnya dengan pernak-pernik.

Pot

Bosan dengan model pot yang itu-itu saja? Maka Anda bisa mengolah botol plastik menjadi pot dengan model yang berbeda. Di sini selain botol plastik Anda juga perlu menyediakan kepingan CD bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Kepingan CD tersebut nantinya akan menjadi alas. Jadi, hasil akhir bentuknya akan menyerupai gelas. Terakhir, agar pot lebih menarik Anda bisa mengecatnya sesuai selera.

Robot

Robot merupakan mainan kesukaan anak-anak terlebih anak laki-laki. Jadi, daripada harus merogoh dompet, bukankan lebih baik mengolah barang bekas sendiri menjadi mainan?

Tentu saja memerlukan usaha dan kreativitas. Namun, tidak perlu khawatir, cara membuatnya tidak sulit. Anda hanya perlu menyediakan botol bekas, lem, dan gunting kemudian kreasikan.

Tempat pensil

Ada banyak cara mengolah botol plastik, contohnya Anda bisa membuat tempat pensil dari bahan satu ini.

Supaya semakin menarik, Anda bisa mewarna masing-masing botol dengan warna yang berbeda.

Wadah aksesoris

Jika Anda mempunyai botol bekas dengan bentuk yang berongga, jangan langsung dibuang yah. Karena Anda bisa menggunakannya sebagai tempat aksesoris di rumah.

Cara membuatnya Anda hanya perlu memotong bagian atas dan bawah body botol sesuai keinginan. Kemudian rapikan lalu berikan hiasan. Wadah ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan alat aksesoris seperti anting, bros, cincin, dan aksesoris lain.

Biber (Bijak Berplastik) Bersama Danone-Aqua

Untuk menanggulangi beredarnya sampah plastik yang masif, metode 3R sangat dibutuhkan. Mungkin masih ada yang asing dengan 3R ini, oleh karena itu di bawah akan dijelaskan apa sih 3R ini

Jadi 3R adalah singkatan dari Reuse, Reduce, Recycle. Di mana ketiganya adalah langkah-langkah untuk mengelola sampah.

Reduce sendiri yaitu sebuah proses untuk mengurai timbulan sampah. Didukung oleh Reuse yang merupakan cara agar sampah plastik tersebut bisa dimanfaatkan kembali.

Langkah terakhir dibutuhkan Recycle untuk mendaur ulang material untuk digunakan kembali serta bernilai ekonomis.

Dari metode 3R ini yang paling utama yakni mengurangi atau mencegah produksi sampah dari awal. Tidak hanya lingkungan masyarakat, tapi juga perusahaan bisa menerapkan metode ini. Seperti yang dilakukan oleh Danone-Aqua yang telah mengkampanyekan #BijakBerplastik.

Komitmen ini sudah ditegaskan sejak peluncuran kampanye pada 5 Juni 2018. Ketika Aqua menjalankan tiga kegiatan utama dalam pengelolaan sampah botol plastik yaitu pengumpulan, edukasi serta inovasi.

Adapun cara yang ditempuh untuk pengumpulan seperti melakukan program bisnis sosial dalam mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik.

Sementara untuk edukasi dalam kampanye #BijakBerplastik Aqua menargetkan penyebaran kesadaran masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan plastik. Bahkan akan menyasar 100 juta konsumen pada tahun 2025.

Sehingga tidak mengherankan jika kini Aqua lebih gencar menyebarkan kampanye daur ulang di sekolah, ruang publik serta berkolaborasi dengan pemerintah bahkan ritel untuk melakukan uji coba juga memulai budaya daur ulang di beberapa kota besar.

Melalui pengumpulan sampah dan edukasi kini #BijakBerplastik dilengkapi inovasi pada produk. Aqua berani mengambil langkah yang besar demi memastikan plastik yang digunakan bisa masuk ke ekonomi sirkuler. So, daur ulang sampah plastik, kenapa tidak?

Sumber
https://bijakberplastik.aqua.co.id/publikasi/
https://www.99.co/blog/indonesia/daur-ulang-plastik/
https://www.rumah.com/panduan-properti/kerajinan-dari-plastik-35869
https://www.yukepo.com/hiburan/tips/10-kreasi-daur-ulang-botol-plastik-yang-bernilai-jual-tinggi-gampang-banget-bikinnya/

Guntal adalah portal media online yang terinspirasi dari pesona dan keelokan gunung Talang. Menyajikan informasi terbaik dengan gaya terbaik.

Posting Komentar

Sebelum berkomentar pastikan Anda telah membaca artikelnya ya. Terima kasih telah berkunjung.